Museum Van Den Bosch Armed 12/Kostrad, Jadi Wisata Edukasi

CB, Ngawi – Benteng Van Den Bosch merupakan salah satu bangunan bersejarah yang saat ini masih berdiri kokoh. Terletak di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, kawasan hijau peninggalan kolonial Belanda itu, seakan memikat masyarakat untuk beramai-ramai mengunjungi tempat tersebut.

Bahkan, berbagai renovasi pun mulai gencar dilakukan oleh Yonarmed 12/Kostrad untuk menjadikan bangunan bersejarah itu menjadi suatu tempat wisata historis dan religius.

“Benteng Van Den Bosch merupakan bukti sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada masa kelam ketika merebut kemerdekaan dari penjajah,” ujar Danyonarmed 12/Kostrad. Mayor Arm Ronald, F. Siwabessy. Jumat, 17 Mei 2019.

Perwira asli Ambon Manise itu menambahkan, beberapa perbaikan telah dilakukan oleh satuannya, termasuk diantaranya memadukan unsur rekreasi, religi dengan bangunan yang bernuansa pendidikan sejarah.

“Menghargai sejarah itu, berarti satu langkah menuju bangsa yang beradab. Karena, sejarah yang mengajarkan kita dengan berbagai kearifan, perjuangan dan pengorbanan sejati sekaligus nilai-nilai luhur bangsa,” tandasnya.

Ibu Sumirah, salah satu guru pendamping yang pada saat itu menggelar kunjungan ke benteng Van Den Bosch bersama murid-muridnya siswa SDN Pelem Ngawi mengungkapkan, jika dirinya sangat mengapresiasi langkah Armed 12/Kostrad dalam membentuk karakter bangsa melalui sejarah.

Sejarah, kata Sumirah, merupakan salah satu media yang mampu membentuk karakter generasi muda bangsa melalui nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme. “Generasi masa depan harus bisa menjaga dan melestarikan sejarah bangsa,” pungkasnya.(yd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *