Sebagai Antisipasi Banjir Pemkab Tanbu Akan Bangun Bendungan

CB, Tanah Bumbu – Guna  mengantisipasi  musibah banjir diwilayah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, seperti yang telah terjadi diKecamatan Kusan Hulu baru-baru ini. Banjir yang melanda Kecamatan Kusan Hulu telah merusak infrastruktur jalan sehingga beberapa titik jalan pun terputus akibat arus aliran air yang keras serta debit air yang tinggi.

Sekdakab Tanah Bumbu, H. Rooswandi Salem, M.Sos, MM , beserta Kadis PUPR  H.Ansyari Firdaus, S.Hut  melakukan peninjauan ke Kusan Hulu dan telah melakukan upaya pengurukan dengan batu base Cross dibeberapa titik jalan yang terputus sehingga saat ini jalan yang terputus sudah tersambung kembali , sehingga lalulintas warga pun kembali lancer seperti semula.

Rooswandi , M.Sos, MM mengatakan bahwa keluhan masyarakat diKecamatan Kusan Hulu adalah tentang lahan pertanian mereka yang terendam air , ironisnya saat ini seharusnya musim panen , akibat banjir sehingga para petani pun terancam gagal panen, ungkapnya. Lebih lanjut Sekdakab Tanah Bumbu mengatakan bahwa Pemkab Tanah Bumbu telah melaksanakan kegiatan perencanaan secara menyeluruh terhadap penanganan kondisi banjir diKecamatan Kusan Hulu dan sekitarnya melalui tahapan kajian infrastruktur oleh konsultan untuk mengambil langkah yang tepat dan efektif guna penanganan banjir jangka waktu panjang.

Saat ini Pemkan Tanah Bumbu telah mempersiapkan kajiann  Fissibility  Study (FS) dan DED ( Detal Engineering  Design ) untuk  bendungan yang  sedang dalam tahap persiapan AMDAL –LARAP nya .

Sekdakab Tanah Bumbu juga menerangkan bahwa bendungan bukan hanya berfungsi untuk mengatur debit air untuk mengurangi resiko banjir akan tetapi bendungan juga bermanfaat untuk  sarana penunjang pertanian sebagai irigasi , selain itu juga dapat menghasilkan tenaga listrik(PLTA), ungkap H. Rooswandi, M.Sos, MM.  (Jhon)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *