Hari Pertama Masuk Kerja, Wali Kota Probolinggo Sidak OPD

CB, Probolinggo – Hari pertama masuk kerja, Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin melakukan sidak usai libur lebaran 2019. Sidak dilakukan ke sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pemerintah Kota Probolinggo.

Seperti ke bagian Humas, BPKAD, hukum dan lain-lainnya. Wali Kota Hadi mengatakan, sidak ini dilakukan guna mengetahui ada tidaknya, pegawai yang terlambat dan bolos.

“Dari pantauan sementara, belum ada laporan pegawai yang terlambat masuk dan bolos kerja,” ujar Wali Kota Hadi, Senin (10/6/2019).

Bila nantinya ditemukan ada yang melanggar, jelas Wali Kota Hadi, pihaknya akan menindak tegas dan tak segan memberikan sanksi.

Namun untuk memastikan keaktifan pegawainya, Wali Kota Hadi akan mengecek langsung, siapa saja pegawai yang terlambat dan bolos kerja di hari pertama masuk.

“Tentunya untuk memastikan kedisiplinan pegawai, akan dicek lagi melalui hasil absensi Fingerprint para pegawai. Tentu jika ada yang melanggar, akan diproses seusai dengan aturan PP nomor 53,” tambahnya.

Selain itu bagi pegawai yang terlambat, diwajibkan langsung mendatangi BKSDM (Badan Kepegawaian Sumberdaya Manusia).

Sementara hari pertama masuk kerja, Pemkot Probolinggo melakukan penutupan gerbang kantor mulai pukul 08.00 WIB. Penutupan dilakukan untuk memastikan ketertiban para pegawai masuk jam dinas, utamanya di awal kerja usai libur panjang lebaran.

Awal kepemimpinan Wali Kota Hadi, banyak pegawai dilingkungan Pemkot Probolinggo, yang memilih masuk kerja lebih awal. Hal itu guna menghindari terkenanya sanksi, karena datang terlambat.

Salah seorang pegawai, Dwi Retno mengaku masuk kerja sekitar pukul 07.30 WIB, agar tidak terlambat. “Sengaja masuk lebih awal, agar tidak terlambat dan dikenai sanksi. Untung sampai sini gerbangya masih buka,” ungkapnya.

Sedangkan sidak dibagi menjadi 2. Wali Kota Probolinggo sidak ke OPD area pemkot dan sidak yang dipimpin MS Subri ke Dinas OPD di luar area kantor pemkot. Hasil sidak akan dilihat siapa saja yang bolos dan terlambat.

Sekadar informasi, jumlah pegawai di lingkungan Pemkot Probolinggo kurang lebih 8.000 pegawai berstatus PNS, dan kurang lebih 5.000 pegawai dengan status GTT dan PTT. (Mamad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *