Penelitian Berkas Calon Kepala Desa Di Gelar Di Kecamatan Menganti

CB, Gresik – Sebanyak 16 (enam belas) Desa di Kecamatan Menganti bakal melakukan pesta demokrasi pilkades 31 Juli 2019 mendatang secara serentak di Kabupaten Gresik.

Desa yang mengelar pilihan Kepala Desa tersebut antara lain. Hendrosari, Kepatihan, Gempol kurung, Pelem Watu, Pengalangan, Randupadangan, Laban, Setro, Pranti, Domas, Gading Watu, Beton, Drancang, Hulaan, Sidojangkung dan Mojotengah.

Rabu, (19/6) pagi di pendopo Kantor Kecamatan Menganti. Team verifikasi Muspika melakukan penelitian berkas bakal calon Kepala Desa satu persatu calon dengan didampingi ketua panitia didesa masing-masing.

Persoalan pun dijumpai saat dilakukan penelitian seperti halnya inisial “DS” salah satu bakal calon dari Desa kepatihan. Nama identitas yang tertera pada (KTP) tidak sama dengan (KSK) dalam ejaannya. Sehingga dengan terpaksa ia nantinya harus melakukan revisi di Dispenduk Gresik.

“Ini tahap awal penelitian berkas pencalonan Kepala Desa menuju pada penetapan calon Kepala Desa yang mana nantinya setelah kegiatan ini ditindak lanjuti oleh panitia masing-masing Desa untuk mencukupi kekurangan-kekurangan pemberkasan. Apabila nanti betul semua berkasnya otomatis panitia menetapkan dan mengumumkan sesuai aturan yang berlaku, “Jelas Camat Sujarto ketika ditemui awak media.

Khusus bagi Desa yang Paslon lebih dari 5 maka dilakukan penelitian tersendiri. Karena aturan calon itu batas maksimal 5 orang sesuai aturan yang berlaku, “Tambahnya.Masih kata Camat Sujarto, Oleh karena itu dalam penelitian ini ada unsur kesehatan (Puskesmas), Pendidikan (UP Pendidikan Menganti), Polsek Menganti (Intel maupun Reskrim) dan Koramil Menganti.

Sementara Akp. Rama Nasution (Kapolsek Menganti) didampingi Kapten Arh. M. Nurul Qomar (Danramil 0817/04 Menganti) untuk menjaga Kantibmas dalam verifikasi berkas di kantor Kecamatan Menganti mengatakan, bahwa ia mengerahkan 16 personil Polsek Menganti ditambah 9 TNI dari koramil dan 5 Satpol PP Kecamatan.

“Karena Kantor Kecamatan itu juga obyek vital. Oleh karena itu sangat perlu kita amankan supaya pelaksanaan verifikasi berkas ini berjalan lancar, aman dan kondusif, “Terang Kapolsek Menganti.

Kapten Arh. M. Nurul Qomar menambahkan, “Bahwa ia berharap kepada seluruh komponen untuk selalu menjaga sportivitas keamanan dan ketertiban di desanya masing-masing juga harus legowo apapun hasilnya nanti dalam pilkades bagi calon yang maju . ( sis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *