Rapat Paripurna Wabup Sampaikan Jawaban Pemerintah

CB, Lumajang – Pemerintah Kab. Lumajang berkomitmen akan terus melakukan inovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, baik di bidang kesehatan, Pendidikan, kebudayaan dan Periwisata serta  tenaga Kerja dan berbagai bidang lainnya.

Demikan disampaikan Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, M. Si., (Bunda Indah) pada saat menyampaikan jawaban Pemerintah atas pandangan umum fraksi- fraksi terhadap Raperda pertanggung-Jawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018 pada Rapat Paripurna DPRD Kab. Lumajang, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Jum’at (21/06/19) pagi.

Rapat kali ini, dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kab. Lumajang, Samsoel Huda, M. Si., dengan agenda jawaban Pemerintah atas pandangan umum fraksi – fraksi terhadap Raperda pertanggung Jawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018

Lebih jauh, Bunda Indah menilai, bahwa materi pandangan umum fraksi – fraksi terhadap nota keuangan atas pertanggung jawaban pelaksanaan APBD 2018, memberikan catatan positif terhadap capaian kinerja Pemerintah Daerah dalam melaksanakan APBD 2018.

“Saya sampaikan terimakasih atas saran dan masukannya baik secara obyektif konstruktif. Sehingga jajaran Pemerintah dapat melaksanakan program dengan baik,” ujarnya.

Menjawab pertanyaan fraksi PDIP Pada Bidang kesehatan, Bunda Indah menyampaikan bahwa, pihaknya akan melakukan inovasi dan terobosan yang akan dituangkan didalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD).

Menurutnya, secara konsisten, di dalam RKPD setiap tahun, Bidang Kesehatan selalu mendapatkan prioritas di dalam pelaksanaan APBD. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan Index Pembangunan Manusia (IPM) yang ada di Kab. Lumajang.

Data statistik di bidang kesehatan akan diperbaiki melalui peningkatan kualitas pelaksanaan program di bidang kesehatan yang lebih menyentuh kepada masyarakat tidak mampu, seperti misal permasalahan gizi, kesehatan lingkungan, Posyandu, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga kesehatan, dan sarana kesehatan yang lain.

Pada Bidang Pendidikan, pihaknya akan melakukan perbaikan dan penyempurnaan program yang selama ini berjalan.

“Saya berpendapat, dan itu menjadi tugas Pemerintah Daerah untuk meningkatkan IPM yang ada di Kab. Lumajang,”ujarnya.

Menurutnya, Bidang Pendidikan juga menjadi bagian penting untuk memperbaiki dan meningkatkan IPM di Kab. Lumajang.

Ia mengatakan, untuk meningkatkan IPM, pihaknya akan melakukan peningkatan pendidikan melalui kualitas dan kuantitas tenaga pendidik, sebaran guru dan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan.

 “Tentunya peningkatan pelayanan pendidikan tersebut akan didampingi dengan pendidikan yang murah dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat Kab. Lumajang,” ujarnya.

Wabup menyampaikan, bahwa program pendidikan gratis, seragam gratis, beasiswa pada siswa atau mahasiswa tidak mampu yang berprestasi akan terus  ditingkatkan alokasi anggarannya. Hal itu, disertai dengan fungsi pengawasan dan pengendalian, baik Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), Dinas Pendidikan maupun Masyarakat,” pungkasnya

Pada kesempatan tersebut Bunda Indah menyampaikan secara rinci jawaban Pemerintah atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Raperda pertanggung Jawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019  (Hardy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *