DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Beberapa Raperda

CB, Tanah Bumbu – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan telah menyampaikan  empat buah Rancangan Peraturan Daerah(Raperda) inisiatif. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Sidang Paripurna, ( Senin, 01/07/19).

Keempat Raperda tersebut adalah Raperda tentang  Kepemudaan, Raperda tentang  Pembinaan dan Pemeliharaan Kesenian Tradisional, Raperda tentang Bantuan Pendamping Pasien Tidak Mampu serta Raperda tentang Pelestarian  dan Pengelolaan Situs Cagar Budaya.

Seluruh Raperda inisiatif tersebut telah disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu HM. Alfiya Rakhman  kepada Sekdakab Tanah Bumbu , H. Rooswandi Salem, SE, M.Sos dan selanjutnya akan dibahas dirana eksekutif.

Pada kesempatan itu Wakil Ketua DPRD Tanbu, H.M,  Alfiya Rakhman mengatakan bahwa Raperda tentang Kepemudaan merupakan upaya bersama menuju generasi penerus bangsa yang sehat, generasi yang memiliki karakter kuat dan memiliki komitmen serta interigritas yang tinggi , memiliki daya kompetitif yang unggul guna melanjutkan pembangunan daerah diwilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Terkait Raperda tentang Pembinaan dan Pemeliharaan Kesenian Tradisional yang mengacu kepada PP no 38 tahun 2007 tentang pembagian urusan, maka pemerintah daerah  berwenang mengatur tentang perlindungan , pengembangan dan pemanfaatan kesenian, karya seni yang bersifat positif dalam kehidupan masyarakat.

Selanjutnya terkait Raperda tentang Bantuan Pendamping Pasien yang Tidak Mampu, Alfiya mengatakan hal itu merupakan keinginan  dan aspirasi masyarakat  yang tidak mampu. Pasien dalam kondisi demikian perlu didampingi oleh petugas dari  pemerintah daerah maupun oleh keluarga pasien saat rawat inap dirumah sakit.

Selanjutnya mengenai Raperda tentang Pelestarian dan Pengelolaan Situs Cagar Budaya, merupakan upaya bersama dalam melindungi Cagar Budaya yang kita miliki, Karena Cagar Budaya merupakan kekayaan daerah yang berperan penting dalam pengembangan sejarah , ilmu pengetahuan serta kebudayaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, ungkapnya.

Rapat paripurna tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Hassanuddin bserta para hadirin.   (Jhon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *