PT Jasa Raharja Jatim Cairkan Rp 16 Milyar Santunan Selama Musim Mudik-Balik 2019

CB, Surabaya – Selama musim mudik-balik Lebaran 2019, yakni H-7 hingga H+7 Idul Fitri, PT Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Timur, mencairkan dana santunan lebih dari Rp 16 milyar, kepada korban kecelakaan lalu lintas.
Kepala Bagian Klaim, PT Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Timur, Yudi Prastowo menjelaskan, jumlah dana santunan itu merupakan akumulasi biaya perawatan maupun yang meninggal dunia.

“Termasuk P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) dan Ambulance,” ujarnya .

Jika dibandingkan dengan periode yang sama, pada Lebaran tahun 2018 lalu, khusus untuk meninggal dunia, angka ini mengalami kenaikan sebesar 0,43 persen. Tetapi untuk santunan luka luka, mengalami kenaikan 1,45 persen.

“Artinya, antara Lebaran tahun 2018 ke tahun 2019, ada kenaikan santunannya,” ungkapnya.

Pada Lebaran 2018 lalu, total dana santunan yang dibayarkan PT Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Timur, sebanyak lebih dari Rp 10 milyar. Dengan total kenaikan, lanjut Yudi, adalah sebesar 1,39 persen.

“Untuk meninggal dunia, santunan yang kita bayarkan adalah sebesar 50 juta, lalu biaya perawatannya 20 juta,” tandasnya.

Padahal, dari data Kepolisian Daerah Jawa Timur, mengklaim jika angka kecelakaan selama Lebaran 2019 ini mengalami penurunan lebih dari 50 persen dari tahun 2018.(e)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *