DKRTH Ciptakan Surabaya Smart City

CB, SURABAYA – Dalam rangka menciptakan Surabaya menjadi kota yang cerdas lingkungan, Dinas Kebersihan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Pemkot Surabaya ikut mensosialisasikan Surabaya Smart City (SSC).

Program yang digagas pemkot Surabaya bertujuan, agar setiap kampung yang ada di kota Surabaya mempunyai ikon tersendiri dan bisa menjadi tempat jujugan wisata.

Ada 2.660 Rukun Warga (RW) di Surabaya mengikuti program Surabaya Smart City (SSC).

Kabid PJU dan RTH Dinas Kebersihan Ruang Terbuka Hijau pemkot Surabaya, Hendri Setianto mengatakan, Surabaya Smart City (SSC) itu kan sudah bersih dan hijau, ada peningkatan menjadi kota cerdas. Cerdas ekonominya, cerdas sosialnya, cerdas pendidikannya dan cerdas energi.

“Intinya masyarakat Surabaya ini bisa menikmati lingkungan masing-masing dengan peningkatan pemberdayaan. Mungkin di daerah itu ada produk lokal yang bisa diunggulkan dan skaligus untuk tambahan ekonomi.” ujar Hendri, Jumat (29/8/19).

Masih menurut Hendri, jadi ibu-ibu bisa menambah income (dana masukan) keluarga, lomba ini tidak langsung selesai tapi masih tetap berlanjut dan program ini dimulai tahun ini.

“Kebetulan kita ada seksi baru, seksi pemberdayaan masyarakat. Intinya Surabaya kan bersih dan hijau, skalian ditingkatkan secara kualitas dalam arti secara ekonominya. Mungkin dikampung kampung ada produk lokal yang harus dikembangkan yang nantinya jadi ikon-ikon, kalau bisa jadi pariwisata.” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, saat ini kita sosialisasi di kelurahan-kelurahan yang ditunjuk, untuk satu kecamatan ada dua kelurahan yang di tunjuk. Tapi yang mewakili RW dan RT.

“Saat ini yang ikut 1.330 RW, kemudian satu RW ada dua RT yang ikut, tinggal kalikan dua. Jadi total ada 2.660 RT se Surabaya yang ikut.” terangnya.

“Ini kan masih verifikasi 500 besar, saat ini masih tahapan seleksi awal dari 1.330 RW yang daftar, nanti akan diseleksi jadi 500 dari 500 diseleksi lagi jadi 150 dan 150 nanti akan jadi 75 terbaik. Untuk juara I Rp 50 juta, juara II Rp 40 juta dan juara III Rp 30 juta dan lainnya Rp 5 jutaan,”ungkapnya. (bud)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *