SMK YPM 8 Bentuk Pasukan Semut, Atasi Problem Sampah

CB, Sidoarjo – ” Kebersihan Sebagian Dari Iman ” kalimat pendek yang memiliki arti yang begitu dalam tersebut sangat baik untuk menjadi pegangan dalam kehidupan kita sehari-hari, baik itu di lingkungan tempat kerja, di kampung, di rumah ,di sekolahan dan di tempat-tempat lainnya dan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat tentunya salah satu indikatornya, adalah lingkungan tersebut harus bebas dari sampah.

Untuk ikut mewujudkan dan peduli terhadap lingkungan sekitar agar tercipta lingkungan yang bersih tersebut salah satu lembaga pendidikan dibawah naungan yayasan pendidikan dan sosial Ma’arif yaitu SMK YPM 8 Sidoarjo mencanangkan “Jum’at Bersih ” dengan membentuk tim yang bernama Pasukan Semut.

Pasukan ini terdiri dari.para siswa dan bertugas membersihkan.sampah-sampah yang berserakan dijalan raya sekitar sekolahan tersebut.

Humas SMK YPM 8 Sidoarjo Didik Teguh Wahyudi saat ditemui usai bersih-bersih sampah, Jum’at, (11/10), menjelaskan, setiap hari Jum’at pagi kita budayakan untuk bersih,-bersih dengan memunguti sampah dijalan disekitar SMK.YPM 8, dan pasukan semut ini kita bagi per kelas bergantian dan setiap 1 bulan sekali kita juga nyemplung di kali/sungai di sekitar sekolahan untuk membersihkan sampah, ” Kegiatan ini sudah berjalan 3 tahun ini, Bahkan, pada Hari Santri Nasional yang dipusatkan di GOR Sidoarjo 3 tahun lalu, kita juga membersihkan sampah disana,” ujar Didik Lalu beliau menambahkan, kegiatan yang dilakukan selama ini ikut memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara melalui bersih-bersih sampah dengan cara memunguti atau mengambil sampah di jalan raya.

Sementara itu tujuannya yaitu memberikan karakter kepada masyarakat khususnya SMK YPM 8 bahwasanya, kebersihan adalah sebagian dari iman.

Anak-anak punya karakter yang positif agar anak-anak kami SMK YPM 8 nantinya terjun ke masyarakat mereka juga akan memberikan dampak yang positif otomotif mereka kalau turun di karang taruna maupun menjadi mahasiswa juga akan membentuk tim seperti di SMK YPM 8 untuk bersih-bersih.

” Dan saya beri tau, juga disetiap Jumat bersih ini sudah ditiru oleh sekolah lain di Kabupaten Sidoarjo yang meng istilahkan Jumat bersih dan banyak SMK sekitar sekolah kami juga mencanangkan Jum’at bersih dan juga ada pasukan semut.

Jadi kita menyebarkan dampak positif ke masyarakat dan sekolah lain bahwa kita bisa lah, berbuat sedikit saja. Kita semua tau masalah sampah merupakan permasalahan diantaranya, no.1 di Indonesia.” Jelas Didik.(ncs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *