Pemkab Tanah Bumbu Realisasikan Bantuan MCK Kepada Warga Batulicin

CB, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (pemkab tanbu), Kalimantan Selatan memberikan bantuan berupa sarana Mandi Cuci Kakus(MCK) kepada warga diKelurahan Batulicin, khususnya kepada warga yang tergolong tidak mampu yang sebelumnya sudah diusulkan oleh Lurah Batulicin.

Pemkab Tanah Bumbu telah merealisasikan bantuan MCK tersebut kepada warga diKelurahan Batulicin, karena kondisi wc/jamban warga sudah tidak layak digunakan lagi. Karena keberadaan MCK warga dalam kondisi demikian maka dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan dilingkungan pemukiman sekitarnya.

Lurah Batulicin, Hendro Satria Rakhmatullah, S.STP menerangkan bahwa Kelurahan Batulicin sebelumnya telah mengusulkan kepada pemkab Tanah Bumbu terkait kondisi kerusakan MCK warganya yang tidak mampu untuk diupayakan perbaikan. Karena para warga yang tergolong tidak mampu itu terpaksa bertahan hidup dengan sarana apa adanya tanpa memperhatikan dampak lingkungan sekitarnya, tutur Hendro.

Program pembangunan MCK bagi masyarakat yang tidak mampu Pemkab Tanah Bumbu melalui Dinas Perkimtan khususnya diwilayah Kelurahan Batulicin terdapat 10 unit WC, 9 unit di peruntukan bagi warga dibantaran Sungai Batulicin , dan 1 unit dipergunakan sebagai sarana umum di Mushalla.

Saat ini proses pembangunan MCK diKelurahan Batulicin sedang dikerjakan dan hampir selesai, ungkap Hendro. Pada umumnya kebiasaan kehidupan warga yang tinggal dibantaran Sungai Batulicin tersebut mereka andalkan pasang-surut air laut. Ketika dimusim kemarau maka kondisi MCK sangat mengganggu lingkungan sekitarnya dalam kondisi tidak steril, karena itulah Kelurahan Batulicin pun cepat merespon kondisi tersebut , maka Lurah Batulicin pun mengusulkan kepada Pemkab Tanah Bumbu untuk pembangunan MCK tersebut, ungkap Hendro Satria Rakhmatullah. (Jhon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *