Pemilihan Kepala Desa Serentak (Pilkades) Kabupaten Mojokerto Tahun 2019

CB,  Mojokerto – Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi bersama jajaran Forkopimda antara lain Kapolres Kota Mojokerto AKBP Bogiek Sugiyarto, dan Dandim 0815 Letkol Kav Hermawan Weharima, melakukan sidak Pilkades serentak Kabupaten Mojokerto tahun 2019, di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Desa Terusan Kecamatan Gedeg, Rabu (23/10) pagi.

Di TPS ini, keadaan terpantau kondusif dan lancar. Animo warga juga nampak dari lubernya antrian panjang para warga yang ingin memberikan hak pilih suaranya. Hal ini bisa menandakan demokrasi di masyarakat semakin baik. Wabup juga menyatakan apresiasinya pada seluruh pihak yang terlibat dalam Pilkades ini.

“Saya ke sini untuk memastikan semuanya berjalan lancar. Saya juga ingin memberi apresiasi langsung dan support penuh pada seluruh panitia penyelenggara,” kata wabup.

Wabup juga sempat berpesan kepada penyelengara dan Calon Kades beserta masyarakat untuk menciptakan situasi aman dan kondusif, dengan mengedepankan etika dan moralitas. Tak kalah penting, agar semuanya harus siap menang maupun kalah, serta tidak melakukan pelanggaran hukum.

Selepas pelaksanaan Pilkades pun, Wabup mengajak semua pihak untuk saling merangkul, bersahabat dan tidak ada lagi label pendukung salah satu calon. Melainkan semuanya sudah menjadi masyarakat desa tersebut.

Bergeser dari utara sungai, di hari yang sama Wakil Bupati Pungkasiadi bersama jajaran antara lain Kapolres Mojokerto AKBP Setyo Koes Heriyatno, Dandim 0815 Letkol Kav Hermawan Weharima, didampingi Camat Trowulan Try Raharjo, serta OPD terkait, kembali melanjutkan sidak di TPS Desa Watesumpak Kecamatan Trowulan.

Tidak jauh berbeda dari lokasi sidak pertama, antusiasme warga Watesumpak juga terlihat tinggi. Bahkan pelaksanaan pencoblosan telah terlaksana mencapai 70 persen. Hal ini pun mendapat apresiasi positif dari wabup.

“Kalau jumlah partisipasinya 80 persen, artinya 70 persen sampai dengan saat ini sudah sangat bagus,” puji wabup.

Kapolres Mojokerto AKBP Setyo Koes Heriyatno, sempat berdiskusi dengan wabup terkait Pengamanan di gelaran Pilkades serentak. Pihaknya memastikan kesiapan anggota, yang akan terus siaga selama pelaksaanaan Pilkades hingga tuntas.

“Keadaan tiap TPS berbeda-beda. Semuanya tidak dapat diprediksi. Kita kategorikan menjadi dua yakni rawan dan sangat rawan. Jajaran kami akan tetap siaga untuk mengawal keamanan,” kata Setyo. (Ertin Primawati)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *