Kain Sasirangan Motif Baru Dikembangkan Di Kecamatan Satui

CB, Tanah Bumbu – Kain hasil tenun khas Kalimantan Selatan seperti  Sasirangan(Banjarmasin)  maupun kain tenun khas Pagatan (Tanah Bumbu) yang mirip dengan kain Batik itu , sudah tidak asing asing lagi didengar. Bukan hanya dikalangan lokal saja malah kain khas tenun Kalimantan pun telah dipromosikan hingga  keluar negeri.

Belum lama ini warga di Desa  Sejahtera , Kecamatan  Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan  melalui Tim Penggerak PKK Desa, mengembangkan motif bahan tenun kain sasirangan yang merupakan kain khas diwilayah Kalimantan Selatan.

Melaui Ketua TP-PKK desa Satui ini maka motif kain tenun  Sasirangan khas Desa Maju Sejahtera  tersebut bercorak tumbuhan Nipah (jenis pohon palma) yang tumbuh dipinggir Sungai Satui, yang daunnya juga dimanfaatkan  oleh warga untuk atap rumah panggung atau pondok dan juga dapat dipakai untuk bungkus ketupat.

Sementara itu Camat Satui, Hery Kurbiansyah, S.Sos bahwa kain tenun khas Sasirangan Desa Maju Sejahtera Bersama tersebut akan diikutkan pada lomba tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang dijadwalkan pada tanggal 20 November 2020 mendatang bertempat diBanjarmasin, tuturnya.

Lanjutnya, untuk mengembangkan kain tenun khas Sasirangan yang bermotif daun nipah tersebut melalui TP PKK Kecamatan Satui , Nyonya  Taliah Hery serta bekerjasama dengan fihak perusahaan pertambangan pertambangan batubara PT. Wahana Barathama Mining (PT. WBM)  merupakan  perusahan yang eksis dikecamatan Satui. (Jhon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *