Latihan Penanggulangan, Korem 084/Bhaskara Jaya Tingkatkan Profesionalisme Prajurit

CB, Sumenep – Latihan penanggulangan bencana alam yang berlangsung di Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur, seakan menjadi tolak ukur kemampuan prajurit Korem 084/Bhaskara Jaya.

Latihan yang rencananya akan berakhir pada tanggal 22 Nopember esok itu, meliputi beberapa materi.

“Pertama, kita gelar materi teori selama dua hari, drill tekhnis selama satu hari dan drill taktis dua hari. Peserta latihan, terdiri dari berbagai unsur, mulai dari TNI, Polri, BMKG, BNPB, Basarnas hingga elemen masyarakat,” ujar Kasi Ops Korem 084/Bhaskara Jaya, Letkol Inf Suroto. Kamis, 21 Nopember 2019.

Pada sesi latihan drill taktis, kata Suroto, para peserta latihan akan dihadapkan dengan situasi keadaan maupun medan yang sebenarnya. Latihan itu, berlangsung di Sungai Desa Kebun Agung, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep. “Latihan ini gambaran jika prajurit TNI tidak mengenal istilah prajurit hebat, yang ada hanyalah prajurit terlatih,” bebernya.

Sementara itu, Danrem 084/Bhaskara Jaya, Kolonel Inf Sudaryanto, S. E, yang ditunjuk menjadi Komandan Latihan dalam kegiatan tersebut menuturkan jika beberapa pengarahan sebelumnya, telah ia sampaikan ke para peserta latihan penanggulangan bencana.

“Pengarahan itu meliputi tentang bagaimana cara urutan atau prosedur yang dilakukan dalam penanganan bencana alam banjir, terutama mengenai perintah, pengumpulan keterangan atau informasi, koordinasi, pendirian posko di tempat bencana hingga evakuasi dan pendataan korban akibat bencana,” jelas Kolonel Sudaryanto.

Namun, ungkap Danrem, terdapat salah satu hal terpenting yang saat ini menjadi perhatian selama berlangsungnya latihan itu. Almamater Akademi Militer tahun 1993 itu menuturkan jika koordinasi antar instansi, seakan menjadi tolak ukur tersendiri dalam proses latihan gabungan penanggulangan bencana di Sumenep saat ini.

“Koordinasi mudah sekali diucapkan, tapi seirngkali susah dalam pelaksanaan atau penerapan di lapangan,” ujarnya.(yd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *