Dinas Perikanan Tanbu Gunakan Alternatif Konversi BBM Ke BBG Kepada Nelayan

CB, Tanah Bumbu – Sebagai upaya guna meningkatkan kesejahteraan para nelayan diKabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan sekaligus melaksanakan Program Nasional tentang Ketahanan Energi Skala Nasional , karena itu  Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu, melalui Kabid Perikanan Tangkap , Asparani ketika dikonfirmasi oleh Cahaya Baru diruang kerjanya( Senin, 02/12/19) menerangkan bahwa  Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu , melalui Kementerian SDM Pusat telah mendapatkan konversi sebanyak 499 paket yang terbagi 3 varian 1 (5 s/d 7,5 H), varian 2 (8 s/d 10 HP), varian 3 (11 s/d 13 HP), melalui  APBN tahun 2019 yang diperuntukan kepada masyarakat nelayan diKabupaten Tanah Bumbu, terangnya.

Lanjutnya, bahwa hal tersebut bertujuan untuk mempermudah  kepada masyarakat nelayan yang biasanya menggunakan BBM agar  beraliih ke BBG, sebagai alternatif serta lebih mudah untuk mendapatkan pasokan BBG. Selain itu juga dapat dilakukan penghematan  agar ekonomi masyarakat kedepannya diharapkan lebih mandiri. Secara tidak langsung kita sudah membantu kebijakan nasional tersebut tentang ketahanan energy.

Konversi BBM ke BBG untuk sementara diberikan kepada 4 kecamatan diwilayah Kabupaten Tanah Bumbu, yaitu : Kusan Hilir (Pagatan), Kusan Hulu (Lasung), Sungai Loban dan Kecamatan Satui. Ketika penyerahan konversi BBM ke BBG  kepada masyarakat nelayan , Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu juga didampingi oleh delegasi dari Kementerian SDM, Konsultan Pusat. Dikatakannya bahwa peran energy sangat penting guna meningkatkan ekonomi dan ketahan nasional , ungkapnya.

Bahwa pengelolaan energy harus dilakukan secara berkeadilan dan memihak kepada kalangan  masarakat kecil . Program ini merupakan salah satu program yang mendukung  diversifikasi energy. Peralihan LPG sebagai pengganti BBM alternatife yang dapat digunakan oleh masyarakat  nelayan dan sudah dikenal.Para nelayan pun merespon positif terhadap program ini karena program konversi ini bermanfaat bagi mereka guna merubah taraf hidup menuju perekonomian mereka yang semakin mandiri. (jhon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *