Wagub Emil Serukan Malang Jadi Hollywoodnya Indonesia

CB, MALANG – Melihat begitu besarnya potensi ekonomi kreatif yang ada di Malang, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyerukan Malang untuk bisa menjadi Hollywoodnya Indonesia. Hal lain yang membuatnya menyerukan Malang adalah karena banyak sekali generasi muda bertalenta, kreatif dan memiliki rasa ingin maju yang besar ada di Malang.

“Malang bisa nggak jadi Hollywoodnya Kita?? Sekarang di Jakarta sudah jadi industry keuangan, ibu kotanya akan pindah ke Kalimantan, maka Hollywoodnya harus direbut oleh Malang ya,”serunya.

Seruan ini disampaikannya di hadapan Walikota Malang Drs. Sutiaji saat menghadiri sosialisasi Millennial Job Center di Bakorwil III Malang di Jalan Simpang Ijen No. 2, Oro-oro Dowo Kecamatan Klojen Kota Malang pada Senin (2/12) siang.

Wagub Jatim yang juga pernah menjabat sebagai Bupati Trenggalek ini menjelaskan bahwa seruan tersebut dapat dijawab dengan keseriusan generasi muda Malang sendiri. Mereka bisa mengawali dengan memproduksi film-film pendek yang kemudian dilihat oleh kalangan mereka sendiri.

“Adik-adik di SMK, nanti kita buat portal sendiri untuk film-film pendek, nggak usah yang panjang-panjang, film pendek karya anak-anak Malang, ditontonlah, kita pakai jaringan SMA SMK, PNS-PNS, tujuannya supaya view ratingnya tinggi, sehingga kemudian ini jalan,” jelasnya.

Masih menurut Emil Dardak selain keseriusan, perlu ada konsistensi dari generasi muda di Malang. Karena mereka sendiri yang akan menentukan apakah seruan tersebut dapat diwujudkan dan akan terus berjalan menjadi hal besar yang membanggakan atau akan mati dalam waktu beberapa tahun atau bahkan beberapa bulan saja.

“Nanti pak walikota sudah bikin MCC (Malang Creative Center), baru setengah tahun, satu tahun, ah susah, ditinggalkan, nggak boleh ya, kita harus konsisten, kita harus buktikan,”tegasnya.

Orang nomor dua di Jatim ini juga meminta kepada Walikota Malang untuk mendukung dan memfasilitasi generasi muda Malang menjawab seruan darinya.

“Jadi Pak, nanti tolong di MCC satu lantai buat bikin film setuju ya,”pintanya.

Seruan ini memiliki kaitan dengan program Millennial Job Center (MJC) yang tengah dijalankan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam memfasilitasi generasi muda berbakat (talenta) yang didampingi mentor untuk bertemu dengan para pengusaha yang membutuhkan tenaga-tenaga kreatif (client) dalam rangka pengembangan usaha mereka dan membuat usaha mereka berdaya saing.

Karena menurut Emil Dardak sapaan akrab Wagub Jatim ini, di era saat ini profesi atau pekerjaan yang banyak dibutuhkan adalah yang bersifat professional freelancer. Yaitu pekerjaan yang tidak menuntut pekerjanya bekerja full time melainkan bekerja berdasarkan proyek permintaan client.

“Bahwa memang konsep freelance atau pekerja lepas ini adalah profesi masa depan,”Kata Emil Dardak.

Di sisi lain, Walikota Malang Drs. Sutiaji M.Si mengimbau pada generasi muda Malang untuk terus kreatif menghasilkan karya-karya terbaik yang itu juga bisa membuat mereka mendapatkan income. Imbauan ini pun didukung Pemkot Malang salah satunya dengan membangun MCC.

“Kota malang saat ini kita lihat banyak para millennial dan Kami tidak ingin menjadi ini menjadi beban negara, maka mereka harus diberikan tempat, bagaimana agar mereka bisa berkreasi,” ujarnya.(yit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *