KEGIATAN OPTIMALISASI PENANGANAN PMKS OLEH TIM KOMITE PMKS

CB, PROBOLINGGO – Dinas Sosial bersama Satpol PP , Polresta Probolinggo , Dinkes Kota Probolinggo , menggelar razia rutin, menjaring para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Jum’at 06/12/2019.
Razia digelar pada malam hari, start jam 19.00 sampai selesai

Razia gabungan tersebut , pada malam hari ini berhasil menjaring 23 orang , yang terdiri dari , 13 anjal , 4 orang PSK, 5 Orang pengemis , 1 ODGJ.

23 orang yang terjaring razia diamankan di Shelter Dinas Sosial jalan Mastrip depan Kejaksaan Probolinggo kota .
Dari ke 23 orang tersebut mendapat binaan dari Dinas Sosial , Satpol PP , Polresta dan Dinas Kesehatan kota Probolinggo .
Acara kegiatan optimalisasi penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dibuka Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Ibu Imroatun Hasanah, S.P.d, MM.

Dalam pembuka acara, Imroatun Hasanah memaparkan,”dengan giat ini bahwa pemerintah sangat peduli terhadap masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial, agar mereka sadar serta bisa hidup layak, seperti yang lainnya. Pemerintah melalui Dinas Sosial akan memberi binaan, bimbingan ketrampilan, agar mereka bisa bekerja serta hidup layak sebagai mana mestinya”, pungkas Imroatun Hasanah.

Dengan kegiatan ini pula bisa meminimalisir tidak kejahatan dan kriminal di masyarakat , dengan adanya kesenjangan sosial, mereka berpeluang melakukan tindakan kejahatan dan kriminal, tegas Zainul Rochman SH dari Polresta Probolinggo.

Hendra Kusuma, SH. dari kesatuan Satpol PP menjelaskan, rutinitas Razia ini kami lakukan bersama dengan Dinsos , Kepolisian serta Dinkes, dengan tujuan agar kota Probolinggo bersih dari para gelandangan, pengemis, anjal, PSK, serta orang orang yang tidak jelas tingkat status sosialnya.

Dengan harapan Kedepan agar kota Probolinggo menjadi kota yang indah bersih tentram dan aman, tegas Hendra.
Kegiatan optimalisasi penanganan PMKS ini merupakan tindakan preventif yang bagus dari pemerintah, jika para PMKS dibiarkan maka tidak menutup kemungkinan mereka akan terkena penyakit HIV serta penyakit kelamin , pergaulan bebas pasti tanpa terkontrol.

Dengan adanya kegiatan Razia dan binaan , para PMKS hidupnya bisa tertolong, baik dari segi ekonomi , Sosial dan budaya, pungkas Dr Ike Yuliana dari Dinkes. (Mamad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *