Personel Kodim Pacitan Bersama Masyarakat Buat Tanggul Darurat

CB,Pacitan – Guna memberikan penanganan sementara pada tanggul yang jebol di Dusun Kiteran, Desa Kembang, Kabupaten Pacitan, Komando Distrik Militer (Kodim) 0801 Pacitan bersama instansi terkait dan masyarakat membuat tanggul darurat, Selasa (17/12/2019)

Sejumlah personel Kodim 0801 Pacitan, Polres Pacitan, BPBD Pacitan, Dinas Sosial, Dinas Pekerjaan Umum Pacitan, Dinas lingkungan Hidup Pacitan, pelajar serta masyarakat setempat sejak pagi hari bahu membahu dan terlihat kompak.

Untuk diketahui, pembuatan tanggul sementara itu hanya terbuat dari tanah dan pasir, yang kemudian dimasukkan ke dalam karung. Setelah karung itu terisi penuh, diangkat bersama-sama dan ditumpuk di pinggir sungai, agar aliran Sungai Grindulu tidak mengalir ke pemukiman warga.

Di sela-sela kegiatan, Dandim 0801 Pacitan, Letkol Inf Nuri Wahyudi mengatakan, dengan adanya karya bakti pembuatan tanggul sementara, setidaknya bagi masyarakat di Dusun Kiteran yang tinggal di sekitar Sungai Grindulu tidak cemas dan khawatir. Mengingat, saat ini sudah memasuki musim penghujan.

“Sambil menunggu pekerjaan tanggul yang permanen, kegiatan karya bakti penutupan tanggul ini dilaksanakan secara manual dengan menggunakan sekam, tanah dan pasir yang diisi ke dalam karung, dengan tujuan untuk menjadikan tanggul yang lebih kuat dan  mengantisipasi agar supaya tanggul tidak mudah jebol,” ucap Dandim. (Yd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *