Tiga Pelaku Curanmor Di Tembak Polisi , Dua Penadah Dibekuk Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak

CB, Surabaya – Ketiga pelaku pencurian berhasil ditangkap Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak, ketiga pelaku berinisial Sas, M, dan I. Semuanya warga kota Surabaya.

Pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor ) yang selama ini meresahkan kota Surabaya, berhasil dibekuk anggota Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Selain menangkap 3 tersangka pelaku Curanmor, petugas juga menangkap 2 orang penadahnya dengan masing-masing berinisial H bin S ( 31 tahun ) warga Sampang Madura dan AM bin P ( 32 tahun ) Warga Sidosermo Surabaya.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum. S. Si., MH., didampingi Wakapolres Kompol Achmad Faisol Amir. S.I.K., M.Si., mengatakan, para tersangka yang berhasil ditangkap anggota Satreskrim merupakan pelaku curanmor yang sudah 21 kali melakukan aksinya di Kota Surabaya.

“Dari 21 laporan ( LP ) yang sudah dikumpulkan petugas 16 TKP diwilayah lain sedangkan 5 TKP diwilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya,” kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum saat gelar konferensi pers dihalaman Mako Senin siang (13/01/2020).

Masih kata Kapolres, adapun modusnya yakni, tersangka SAS dan M mencari sasaran kendaraan bermotor yang tidak dikunci stir, kemuadian setelah berhasil barang yang dicurii oleh  tersangka, keduanya diserahkan kepada rekannya berinisial I.

Setelah itu oleh rekannya langsung didorong ketempat tukang kunci untuk dibuatkan kunci duplikat dan setelah selesai langsung dijual kepada tersangka H bin S ( Penadah ) seharga Rp.4.000.000 ( Epat juta rupiah ).

“Selanjutnya oleh H bin S dijual kembali kepada AM sebesar Rp.5.000.000 ( Lima juta rupiah ) setelah itu oleh tersangka AM dijual kembali secara online di Facebook dengan harga 5.500.000 ( Lima juta lima ratus ribu rupiah ),” jelasnya.

Lanjut Kapolres membenarkan untuk ketiga tersangka ini petugas saat mengkap tersangka mencoba melawan petugas dinilai petugas membayakan, tindakan tegas yang dilakukan oleh petugas timah panas menjalar ke kaki tersangka dengan sararan terukur dan tepat .

Untuk barang bukti yang berhasil diamankan petugas diantaranya, 3 Unit kendaraan Vario dan Scoopy, 1 buah handphone merk Oppo F5 warna Silver, 1 buah mata kunci T dan Uang tunai sebesar 7.339.000 ( Tujuh juta tiga ratus tiga puluh sembilan ribu rupiah ).

“ketiga tersangka akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman penjara 5 tahun, sedangkan untuk 2 tersangka penadah akan dijerat dengan Pasal 480 KUHP tentang penadahan barang curian,” cetus Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis. ( sis )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *