Dinkes Tanbu Lakukan Penyelidikan Epidemiology Di Desa Baroqah

CB, Tanah Bumbu – Dinas Kesehatan kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan bersama Puskesmas Simpang Empat serta Kepala Desa Baroqah, Kecamatan Simpang Empat turun kelapangan guna melakukan pengecekan rumah warga yang berada di RT 04/Rw 02 Desa Baroqah.

Rumah-rumah warga tersebut yang turut dikunjungi ada diantaranya seorang warga yang terindikasi terjangkit Demam Berdarah ( DBD ).

Warga yang terindikasi DBD adalah Syaiun (47) sudah mengalami Syndrom Shock Dengue sejak beberapa hari yang lalu 6 hingga sekarang, Kamis (16/01/20).

Setelah mendapat laporan, jajaran Dinas Kesehatan Bersama petugas Puskesmas Simpang Empat didampingi Kades Baroqah langsung melakukan pengecekan dirumah Syaiun di Rt 04, Jalan Baitussalam, Kecamatan Simpang Empat.

Kegiatan pengecekan diantaranya ditempat bak air mandi, tandon air, serta bekas botol mineral buangan warga disekitar radius pemukiman warga, selain itu juga diberikan Abetesasi ditempat penampungan air rumah warga.

Pada kegiatan tersebut tim kesehatan bersama Plt Kades Baroqah melakukan pengecekan puluhan rumah warga guna memastikan jika terdapat sarang dan jentik jentik nyamuk DBD.

Kasi Surveilans dan imunisasi, H.Mukhdar, SKM, Misranudin, A.md. menghimbau kepada masyarakat agar selalu terus membersihkan tempat genangan air seperti penampungan air mandi yang berada disekitar kita, dengan tujuan mengantisipasi berkembangnya nyamuk demam berdarah.

Sementara itu, PLT Kepala Desa Baroqah Taufik Rahman mengatakan bahwa pihaknya akan terus lakukan sosialisasi dan lakukan pencegahan sehingga kedepannya tidak ada lagi warganya yang terjangkit DBD, tuturnya.

Perlu diketahui, fogging hanya membunuh nyamuk dewasa saja akan tetapi penyemprotan asap fogging tidak dapat membasmi jentik nyamuk. Karena itu warga diharapkan lebih berperan aktif untuk menjaga kebersihan di lingkungan pemukimannya dari genangan air yang berupa kaleng atau botol mineral bekas, ungkap petugas Dinkes Tanbu, Misranuddin, A.md. , yang juga mantan wartawan. (Jhon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *