Sebagai Antisipasi Meluasnya DBD, Puskemas Simpang Empat Lakukan Fogging Di Beberapa Desa

CB, Tanah Bumbu – Puskesmas Simpang Empat lakukan Fogging di beberapa desa guna mencegah berkembangnya penyakit Demam Berdarah(DBD) diwilayah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel, khususnya wilayah kecamatan Simpang Empat. Kegiatan Fogging selama dua hari yaitu diRT 09 dan RT 10 desa Baroqah (11/02)

selain itu pada hari yang sama Puskesmas Simpang Empat juga melakukan Fogging di RT 14 Perumahan Araudah, desa Sarigadung, (11/02).

Selanjutnya dilakukan penyemprotan(Fogging) di RT 02 dan RT 03 , desa Mekarsari, (12/02). Kepala Puskesmas Simpang Empat, dr Laurensius Lungan melalui Program DBD, Fitriani Arif, SKM kepada media ini menjelaskan bahwa beberapa desa yang dilakukan Fogging tersebut sudah ditemukan Kasus DBD, karena sebelumnya Puskesmas Simpang Empat telah menggelar kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk(PSN) didaerah tersebut bersama warga serta ditemukan sarang nyamuk aedes aegypti, ungkapnya.

Selain itu hal yang penting adalah diharapkan peran serta warga dalam pencegahan terhadap penyakit DBD, seperti membersihkan lingkungannya, menguras air penampungan baik didalam rumah maupun diluar rumah warga, atau membersihkan wadah bekas seperti botol atau kaleng bekas yang yang tergenang air hujan sehingga akan menjadi tempat berkembangnya sarang nyamuk.

Karena fogging hanya membasmi terhadap nyamuk dewasa saja dan tidak efektif memberantas sarang nyamuk, ungkap Fitrie. Menanggapi hal tersebut salah satu Kades yaitu Kades Sarigadung, Kaspul Anwar mengapresiasi atas kegiatan Fogging oleh puskemas Simpang Empat didesa Sarigadung. Kaspul Anwar pun mengharapkaa agar warga Sarigadung akan kompak melakukan kerja bakti, bersama-sama melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk(PSN), ungkap Apul, sapaan akrabnya. (Jhon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *