SEKDES TABOLO-BOLO GELAR MENANAM NILAM KE WARGA

CB SUL-TENG, Tanaman Nilam yang sudah sangat dikenal, dan budidaya Nilam sangat mudah dilakukan setiap orang hanya batangnya saja yang ditanam, sangat cocok untuk usaha rumah tangga karena tidak menyita waktu dalam penggarapanya, bisa dilakukan tumpang sari seperti ditanami jagung dan lainya.

Asral selaku Sekertaris Desa Tabolo-Bolo Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah senin 17/2 melakukan kegiatan menanam Nilam dilahan nya sangat luas sambil memberikan contoh, bagaimana hasil dari tanaman nilam mempunyai keuntungan ssangat lumayan katanya.

Insiatif Sekdes mengajak warga menanam nilam,dengan luas areal tsb satu hektar,mulai dari pertama membajak lahan  dengan alat jonder,satu hari selesai pembajakan.  kemudian bibit 24 ribu pohon dan penutup dari minuman digunakan  kurang lebi 26 ribu penutup. Perhitungan satu kilo bibit dua puluh ribu rupiah,. dalam perkilo berkisar 220 pohon.dengan luasan tersbut membutukan bibit 24.000 pohon /hektar.  warga yang menanam kurang lebih 10 orang di gaji perhari 80 ribu rupiah perorang, selama 5 hari.

Perhitungan menanam Nilam diterapkan ke warga dari Modalnya Rp.10.000.000,- bisa menghasilkan 120 kg sementara harga Nilam Rp.500.000, sangat lumayan untungya kata sekdes didepan warganya (Burhan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *