Bupati Pinta Pemilik Eduwisata Kampung Susu Gencar Lakukan Promosi di Online

CB, TULUNGAGUNG – Kabupaten Tulungagung,  adalah kabupaten yang memiliki segudang wisata alam yang kini mulai diserbu wisatawan lokal maupun wisatawan luar kota Tulungagung. Dan,  wisata di Kota Marmer ini tak pernah sepi dari pengunjung, khususnya saat musim  libur.

Namun,  bagi wisatawan untuk tidak melewatkan tempat wisata yang satu ini,  yakni Wisata Edukasi (eduwisata)  Kampung Susu Dinasty yang berlokasi Desa Sidem Kecamatan Gondang.  Tempat eduwisata ini sendiri,  sudah ada sejak  Tahun 2016 dan kisaran satu tahun terakir ini mulai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar kota.  Eduwisata yang memiliki luas 3 hektar,  yakni 1,5 hektar lokasi edukasi dan 1,5 hektar tempat untuk parkir roda dua maupun roda empat serta difungsukan  lain-lainnya.

Tempat eduwisata yang berlokasi di bawah daerah pegunungan dan memiliki hawa sejuk serta pemandangan yang indah ini,  belum lama ini dikunjungi Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo. Dalam kunjungannya,  bupati  didampingi pula oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM,  Kepala Dinas Pariwisata,  Kepala Dinas Perindustrian dan Persangan Kepala Bagian Umum, Kepala Bagian Humas dan protokol, Camat Gondang serta anggota muspika. Saat itu, bupati menyempatkan diri untuk melihat secara langsung cara memerah susu dan langsung mencobanya.

“Memerah susu sapi ternyata tak sesulit yang kita bayangkan,  asal tau caranya yang benar ” ujar bupati.  Selain itu,  bupati yang juga mantan Sekda Tulungagung ini melihat langsung produk UMKM olahan susu sapi di Kampung Susu Dinasty tersebut.

Dalam rangka untuk mengikuti perkembangan dunia tehnologi,  lanjut bupati,   soal program pemerintah di bidang revolusi industri 4.0,  ada beberapa hal yang perlu di tindak lanjut, yakni  masalah teknologi yang bisa mengikuti perkembangan dan diantaranya mengikuti program-program di On line untuk memasarkan produk melalui internet. Dan, selanjutnya,  untuk meningkatkan daya saing dengan meciptakan berbagai  inovasi terhadap varian produk,   suatu motivasi yang tinggi untuk bisa berkreasi agar tidak tertinggal masalah segmen pasar.

Sementara itu, Pengertian Wisata Edukasi atau Wisata Pendidikan adalah suatu program yang menggabungkan unsur kegiatan wisata dengan muatan pendidikan didalamnya. Program ini dapat dikemas sedemikian rupa menjadikan kegiatan wisata tahunan atau kegiatan ektrakulikuler memiliki kualitas dan berbobot. Materi-materi dalam pemanduan telah disesuaikan dengan bobot siswa dan kurikulum pendidikan. Setiap kali mengunjungi obyek wisata akan disesuaikan dengan ketertarikan obyek dan bidang ilmu yang akan dipelajari.

Keanekaragaman budaya dan obyek wisata dapat membuat besarnya kemungkinan wisatawan datang berkunjung ke Indonesia untuk mengadakan kegiatan wisata edukasi. Program Wisata Edukasi yang telah lama diluncurkan juga menjadi suatu kebutuhan bagi sekolah untuk membina dan mendidik para siswa. Selain program pembelajaran di dalam kelas, Program wisata Pendidikan telah terbukti efektif untuk meningkatkan pola pembelajaran dan sosialisasi para siswa. (Aha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *