Kasal Kunjungi Prajurit KRI dr. Soeharso-990 dan Satgas Evakuasi WNI ODP Corona

CB, Surabaya – Prajurit KRI dr. Soeharso-990 dan Satgas Evakuasi WNI Orang Dalam Pengawasan (ODP) Corona yang sedang melaksanakan evakuasi WNI eks ABK World Dream dan Diamond Princess, mendapat kunjungan kehormatan dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, pada Senin (9/3/2020).

Kedatangan orang nomor satu di TNI Angkatan Laut ini, dalam rangka memberikan dukungan moril dan memotivasi semangat juang kepada Prajurit dan Satgas Evakuasi di KRI dr.Soeharso, dalam mengemban tugas yang sangat mulia ini.

Kasal juga menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi- tingginya atas dedikasi serta kinerja ABK KRI dr. Soeharso dan tim Satgas, dalam melaksanakan misi kemanusiaan yang menjadi isu nasional dan global ini.

“Misi ini belum dinyatakan  selesai oleh pemerintah,  sampai kapanpun, peran dan kehadiran TNI AL khususnya KRI dr.Soeharso akan terus diperlukan. Oleh karena itu tetap jaga kesehatan, jaga stamina dan semangat serta kekompakan untuk menyongsong tugas ke depan, “ ujar Laksamana Siwi saat memberi motivasi seluruh ABK dan Tim Satgas.

“Manfaatkan masa observasi ini dengan aktivitas yang positif, seperti olahraga dan lomba nyanyi atau lomba lainnya antar divisi dan ABK untuk mengurangi rasa jenuh.“ tambah Kasal.

Pada kunjungan tersebut, Kasal juga menyempatkan untuk makan siang bersama di KRI dr. Soeharso dengan seluruh ABK dan tim satgas. Dan disela makan siang, Kasal kembali menekankan beberapa hal yang harus dilakukan para prajurit dalam situasi ini, yakni laporkan dan koordinasikan semua kebutuhan operasional dan medis yang terkait dengan pelaksanaan tugas.

Arahan lain adalah agar tetap jalin komunikasi atau hubungan dengan keluarga di rumah secara proporsional, dan segera laporkan kepada pimpinan apabila ada permasalan urgent dan mendesak.

Disamping itu, juga diharapkan para prajurit mensikapi secara bijak, cerdas dan proporsional tentang perkembangan berita di medsos terkait merebaknya virus Corona dan penanganannya di Indonesia,” tegas Kasal.

Pada bagian lain, Komandan Satgas Evakuasi WNI ODP Corona, Laksma TNI Rachmad Jayadi juga memberikan himbauan yang senada dengan Kasal. Dimana pada intinya Dansatgas yang kesehariannya menjabat sebagai Komandan Guskamla Koarmada II ini, meminta kepada seluruh ABK dan tim Satgas untuk tetap semangat dalam mengemban tugas negara yang mulia ini.

“Tugas yang kita emban ini adalah tugas yang mulia karena menyangkut kehidupan manusia. Karenanya tetap bekerja dengan semangat, jaga kesehatan pribadi dan jangan lupa berdoa selalu agar Tuhan melindungi dan memberi kita kelancaran, “ beber Rachmad.

Nampak hadir mendampingi Kasal dalam kunjungan tersebut, antara lain Pangarmada I, Pangkolinlamil, Kadismatal, Kadisbekal, Kadiskesal serta Kadispenal, Laksma TNI Mohammad Zaenal.(Hdx/Pen2/yd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *