Usai Di Lantik BPD Harus Bersinergi Dengan Perangkat Desa

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Anggota BPD Desa Gunung Maddeh Kecamatan Kota Sampang

CB, SAMPANG – Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang Yuliadi Setiawan melantik dan mengambil sumpah 9 Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Gunung Maddeh, Kecamatan Kota, Kabupaten Sampang masa jabatan 2020 – 2026, di Aula Kecamatan Kota pada Selasa Selasa (03/03/20) kemarin.

Pelaksanaan kegiatan itu di hadiri oleh, Pj. Sekda Kabupaten Sampang Yuliadi Setiawan, Kepala DPMD Kabupaten Sampang ABD Malik Amrullah, Asisten Bidang Pemerintahan Kesra, FORKOPIMCAM, Camat Kota, Kades Desa Gunung Maddeh, Tokoh Masyarakat serta undangan lainnya yang turut menghadiri.

Pada kesempatan itu, Yuliadi Setiawan dalam arahannya mengatakan, bahwa penyelenggaraan pemerintah desa harus melewati dua unsur utama, dan BPD adalah mitra kerja kades dan memfungsikan tugasnya.

“Kepala desa sebagai kepala pemerintah desa dan BPD sebagai mitra kerja Kades, BPD juga harus mengoptimalkan fungsinya, fungsi dari BPD yakni membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa serta melakukan pengawasan kinerja kepala desa dan mampu bekerja sama dengan perakat desa dalam membagun desa”, paparnya

lebih lanjut Yuliadi Setiawan dalam arahanannya menambahkan, supaya beradaptasi dan memahami problematika yang ada di masyarakat dan keterbukaan pada publik.

“Kepada Anggota BPD Desa Gunung Maddeh yang baru dilantik, saya berpesan supaya beradaptasi dengan fungsinya, pahami betul problematika serta aspirasi yang ada di masyarakat, kedepankan budaya kerja produktif, kolektif dan transparan”. ungkapnya

Selain itu, Yuliadi juga menambahkan, agar meningkatkan kapasitas dan wawasan supaya terjalin keharmunisan antara BPD dengan Pemerintah desa.

“Tingkatkan kapasitas dan wawasan terkait manajemen pemerintah desa, jaga harmonisasi BPD dengan pemerintah desa, namun tetap konsisten menjalankan fungsi dan pengawasan”. imbuhnya

Sementara Bupati Sampang, H.Slamet Junaidi Berpesan melalului Pj. Sekda Yuliadi Setiawan mengatakan, menginginkan desa desa yang ada di kabupaten ini bisa mandiri sendiri dan mencarikan potesi yang menjadi sumber pendapatan desa dan menjadi desa mandiri.

“bisa membiayai pemerintahannya sendiri dan membangun desanya sendiri, salah satunya adalah harus memberdayakan dan memperbanyak usaha di desa, dengan memberdayakan bumdes ini salah satu sumber penghasilan yang bisa masuk ke APBD desa,” pesannya

Bupati Slamet Junaidi juga meminta, agar BPD bersama Kepala desa bersemangat untuk mencari potensi- potensi di desanya sendiri, baik itu dari wisata dan juga dari olah raga.

“kalo kepala desa bersama BPDnya betul – betul mau membangun desa dan kemajuan ekonomi pemerintah desa kami pemerintah kabupaten akan mensupport kenginan apa yang di mau, dan kepada BPD yang batu dk lantik mari bersama-sama, tanpa terkecuali tokoh masyarakat untuk membangun desa dengan menggali dan memanfaatkan potensi yang ada dengan arif, bijaksana dan berwawasan lingkungan.

“Selamat kepada seluruh anggota BPD yang dilantik hari ini. Selamat melaksanakan tugas,  amanah dan tanggungjawab untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Niatkan apapun yang kita lakukan untuk ibadah,” tutupnya. (die)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *