Desa Jangkungharjo Berhasil Talut Jalan Sepanjang 300 Meter

CB, GROBOGAN – Warga Jangkungharjo kecamatan Brati kabupaten Grobogan tepatnya di perbatasan antara desa Getasrejo dusun Sanggrahan -desa Jangkungharjo kini sudah dibangun Talut Penahan Tanah (TPT).

Pembangunan itu bisa dirasakan warga sekitar saat musim hujan melanda,tanah banyak yang longsor. Namun, sekarang ini dengan adanya pembangunan Talut, warga tidak perlu was-was, sebab pemerintah desa sudah menganggarkan pada tahun 2019 untuk memperbaiki Infrastruktur tersebut.

Karno, warga Sanggrahan tetangga desa Jangkung saat ditemui media Cahaya Baru di lapangan menyatakan Talut bagian utara jembatan merupakan wilayah desa Jangkungharjo. Sedangkan pengerjaan talut selesai pada bulan Desember tahun 2019 sangat membantu warga sekitar. Adanya pembangunan talut tersebut terhindar dari bencana tanah longsor.

“Sangat membantu mas. Biasanya air hujan masuk ke rumah warga. Maka, tal heran kalau bangun di lokasi tersebut pondasi rumahnya harus tinggi dari pada jalan,”kata dia

Purmianto, kades Jangkungharjo yang menjabat dua kali periode membenarkan bahwa TPT tersebut di bangun pada tahin 2019 dari dana bantuan Provinsi sebesar Rp.200 Juta.

“TPT (Talut Penahan Tanah) sangat penting bagi warga khususnya di Jangkungharjo di wilayah kidul perbatasan dengan desa Sanggrahan dari Dana Bantuan Provinsi tahun 2019. Masih ada lagi di Jangkungharjo RT 03 Rw 03 dengan panjang 300 meter Tinggi 1,4 Meter sedangkan anggaranya sebesar Rp.200 juta,”katanya.

Masih menurut Purmianto kades Jangkungharjo selama menjabat sebagai kepala desa Pihaknya juga memperhatikan warga yang kurang mampu kaitanya dengan Sertifikat Massal dan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni(RTLH) yang sudah dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar. (Sofi/Liza)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *