Sekdakab Tanbu; Cegah Virus Corona, Perayaan Hari Besar Dibatalkan Saja

CB, Tanah Bumbu – Guna mencegah Virus Corona, Pemkab Tanah Bumbu mengambil langkah antisipasi terhadap penyebaran virus Corona (COVID-19. Sehubungan hal itu pemerintah pun melarang kegiatan yang sifatnya perkumpulan orang banyak atau massa, sebagai bentuk pencegahan menyebarnya virus Corona dalam kehidupan masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Sekdakab Tanbu), Kalsel, H. Rooswandi Salem, SE, M.Sos mengatakan bahwa langkah antisipasi seperti ini akan dilakukan Pemerintah Daerah, dimulai dengan membatalkan acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu ke 17, serta rangkaian perayaan Mappanre Ritasi ‘E yang rencananya digelar mulai 1 April hingga 19 April 2020 di Desa Kampung Baru Kecamatan Kusan Hilir.

Lanjutnya, untuk ritual Mappanre Ritasi ‘E kami tidak melarang, namun hanya terbatas pada pihak yang terlibat dalam adat tersebut,” ucap Sekda Tanbu saat memimpin rapat coffee morning bersama jajaran, Senin (16/03/2020) diruang rapat Bersujud Kantor Bupati Tanah Bumbu.

Selain itu, Pemerintah Daerah akan membuat edaran tentang libur sekolah sementara sampai pada 14 hari kedepan.

“Kenapa sampai 14 hari ini diliburkan, ini sebuah upaya menghambat penyebaran virus itu, sebab masa pertumbuhan virus Covid-19 ini berkembang dalam 14 hari. Maka itu Pemerintah Daerah mencoba mengambil langkah antisipasi selama proses itu,” tuturnya.

Selanjutnya, Rooswandi bersama kepala SKPD juga telah menyetujui untuk tidak melakukan rapat kedinasan sebagaimana biasanya, alternatif demikian dapat dilakukan melalui sistem daring atau online.

Berkenaan dengan isu Covid-19 ini pihaknya mengambil gambaran kebijakan dari beberapa daerah lain seperti DKI Jakarta yang sudah menjalankan. (Jhon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *