Antisipasi Corona Untuk Sementara Beberapa Program Disdukcapil Vakum

CB, Tanah Bumbu – Sebagai upaya Pemerintah guna sebagai langkah antisipatif mencegah penyebaran virus corona sudah dikeluarkan berbagai kementerian/lembaga Republik Indonesia kepada satuannya di tingkat daerah. Begitu juga tanpa kecuali bagi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanah Bumbu , Kalsel yang diketahui merupakan OPD yang paling banyak dikunjungi masyarakat untuk pengurusan administrasi dan kependudukan (adminduk).

Berjumlah ribuan warga setiap harinya kerap berada di kantor Disdukcapul untuk mengurus adminduknya. Tak terkecuali di Kabupaten Tanah Bumbu. Kerumunan massa tak bisa dihindari dengan banyaknya warga yang mengurus adminduknya setiap hari.

Sehingga dalam kondisi demikian maka menjadi perhatian serius Disdukcapil Kabupaten Tanah Bumbu dalam upaya mengikuti instruksi pemerintah untuk mencegah sebaran virus corona. Dari berbagai kasus yang berasal dari negara China pada awalnya, sebaran virus menjadi masif dikarenakan kerumunan orang. Jaga jarak, menghindari kontak fisik dalam kerumunan atau social distancing measures menjadi langkah untuk membendung sebaran virus corona serta dinyatakan sebagai solusi tepat dan dinyatakan berhasil.

Karena itu, Disdukcapil Kabupaten Tanah Bumbu beserta kantor UPT Satui pun berencana untuk melakukan pemecahan kerumunan warga yang akan mengurus adminduk di kantornya. Yakni, dengan melakukan pembatasan pelayanan dengan pola mengatur jumlah antrean.

“Kami akan melakukan hal itu untuk ikut serta mencegah sebaran virus corona. Kami rencanakan mulai hari senin (23/3/2020) hingga waktu yang tidak ditentukan akan lakukan pembatasan layanan antrean serta lebih mengutamakan layanan via online,” Ungkap Eka Saprudin, Ap., MAP selaku Kepala Dinas, Sabtu (21/3/2020)
Bukan hanya akan melakukan pembatasan layanan antrean dalam sehari. Disdukcapil Kabupaten Tanah Bumbu juga mentiadakan sementara waktu pelayanan pada hari sabtu serta layanan mobil keliling.

“Program tersebut untuk sementara waktu kami tiadakan sampai situasi benar-benar aman, Kami juga berharap pihak Camat, lurah serta Kepala Desa agar memberitahukan hal tersebut kepada warganya” Ungkapnya
Sedangkan untuk masyarakat yang benar-benar membutuhkan adminduk, untuk pengurusan BPJS atau rumah sakit, serta hal lainnya. Pihak Dispendukcapil Kabupaten Tanah Bumbu menganjurkan untuk memakai aplikasi pelayanan online atau via nomor WA sehingga tak terjadi penumpukan antrean.

Berikut ini layanan online via whatsapp Dispendukcapil :
a. Pelayanan Auto Reply : 0811 5155 755 (informasi layanan ketik “INFO)
b. Pelayanan KTP-el : 0811 5155 755
c. Pelayanan KK : 0821 5542 3904
d. Pelayanan KIA : 0821 5542 3925
e. Pelayanan Pindah-Datang : 0821 5542 3946
f. Pelayanan Akta Kelahiran : 0812 5779 1927
g. Pelayanan Akta Kematian : 0857 5408 1276
h. Pelayanan Adminduk UPT Satui (Khusus Masyarakat Kecamatan Satui) : 0823 5433 0365
(Jhon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *