Green Building Ciptakan Lingkungan Sehat Dan Hemat Energi

CB, SURABAYA – Green Building atau gedung hijau adalah sebuah bangunan yang dirancang dan dibangun dengan memenuhi syarat syarat tertentu. Yaitu gedung tersebut harus memenuhi unsur unsur yaitu mampu memberi dampak penghematan, seperti hemat energi, air dan sumber daya lainnya.

Green Building, akan memberikan dampak yang luar biasa pada intensitas penggunaan energi bangunan dan jaminan kenyamanan bagi pengguna gedung.

Green Building kini menjadi perhatian serius, terutama pada perancangan dan pelaksanaan pembangunannya. Yang betul betul harus berdasarkan prinsip bangunan gedung hijau, yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No.02/PRT/M/2015.

Untuk mensosialisasikan peraturan tersebut Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Dan Cipta Karya, pekan lalu mengadakan Sosialisasi Peraturan Pembangunan Bangunan Gedung di Malang. Sosialisasi ini diikuti oleh OPD Provinsi Jawa Timur, serta OPD Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman Dan Cipta Karya Provinsi Jatim, Ir Baju Trihaskoro, mengatakan, implementasi peraturan bangunan gedung hijau, membutuhkan peran aktif berbagai pihak agar dapat dilaksanakan dengan baik dan tertib.

Bayu menambahkan, pemerintah pusat menargetkan pendampingan, penyusunan peraturan dilaksanakan di tiga kota yaitu Surabaya, Bandung dan Makasar. Tiga kota itu ditunjuk sebagai tiga kota metropolitan pionir.

Nantinya setelah seluruh Kabupaten/Kota menerakan Peraturan Menteri PUPR No 02/PRT/M/2015 tentang bangunan hijau. Masyarakat akan mendapat menfaat dan maslahat dari pembangunan bangunan gedung. Yang tidak hanya mengutamakan aspek teknis, keselamatan, kesehatan, kenyamanan sesuai kriteria yang berlaku. Namun juga lebih efisien sumber daya serta selaras, serasi dan harmonis dengan lingkungannya.

Ir. Baju Trihaskoro, Kadis PU Cipta Karya

Bayu menambahkan agar mampu bersaing dengan negara negara lain perlu ide ide kreatif dan inovatif. Dan itu lanjut Bayu harus bisa diimplementasikan dalam setiap kebijakan yang dijalankan. Menurut Bayu percepatan pembangunan hanya dapat dilakukan dengan dukungan hasil riset dan teknologi moderen. Sehingga bisa menghasilkan bangunan yang berkualitas, cepat dan murah.

Keberhasilan pembangunan suatu gedung menurut Bayu, juga bisa dilihat dari ketepatan waktu, mutu, tepat biaya dan tepat manfaat. Selain itu juga harus ada kesinambungan program pembangunan. Sehingga secara bertahap upaya pemerataan pembangunan dapat berjalan sesuai rencana.

Sebagai pamungkas Bayu menambahkan bahwa sosialisasi yang diselenggarakan oleh instansinya itu dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya aparatur pemerintah. Dalam menguasai materi pembangunan bangunan gedung negara. (hpo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *