Daerah Terjangkit Semakin Luas, Potensi Terinveksi Semakin Besar

Setiap hari daerah tertular Virus Covid 19 di Jatim terus bertambah. Bila kemarin daerah tertular atau sering disebut daerah merah berjumlah 13 daerah. Hari ini menjadi 16 daerah Kabupaten Kota.

Seiring makin melebarnya daerah tertular jumlah mereka yang terinfeksi juga naik menjadi 90 orang bertambah 13 orang dari Sabtu kemarin.

ODP (orang dalam pengawasan) dan PDP (pasien dalam pengawasan) juga naik. Seperti hari hari sebelumnya ODP naik paling banyak. Minggu (29/3/2020) ODP naik menjadi 5.071 orang dari hari sebelumnya 4.568 orang. PDP naik mengekor dibawah ODP , dari angka 307 orang bertambah menjadi 336 orang.

Dari kondisi seperti itu sinyal bahaya semakin meluasnya penularan Virus Covid 19, tidak saja berasal dari terus bertambahnya jumlah orang yang terinfeksi, PDP dan juga ODP. Tapi juga semakin meluasnya daerah kabupaten/kota yang masuk kategori merah

Semakin luas daerah yang menjadi daerah sebaran virus. Maka potensi warga yang tinggal di daerah tersebut tertular semakin besar.

Naiknya jumlah PDP dan ODP, dicermati sangat serius oleh Pemprov Jatim. Sebab bila tidak ODP dan PDP akan berlanjut menjadi terinveksi. Bahkan tidak sedikit kasus mereka yang masih berstatus PDP meninggal.

Hari ini (Minggu 29/3/2020) pasien terinveksi yang meninggal tujuh orang. Sementara yang sembuh lima orang. Bila digabung dengan Sabtu kemarin sudah ada 13 orang yang sembuh. Jumlah itu sama dengan jumlah mereka yang terinveksi hari ini. (hpo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *