Elok Komisi C : Pipa PDAM Yang Bocor Harus Segera Diatasi

CB, Surabaya – Komisi C DPRD Kota Surabaya mendorong PDAM Surya Sembada untuk segera mengatasi pipa utama PDAM di Gunung Anyar yang bocor, akibat terkena tiang pancang proyek pembangunan Kampus di Gunung Anyar.

Anggota komisi C, Elok Cahyani mengatakan, ada dua hal yang harus segera ditangani soal bocornya pipa PDAM di Gunung Anyar.

Satu, PDAM harus segera benahi pipa yang bocor agar bisa segera disalurkan kembali kebutuhan air bersih, khususnya warga di wilayah Gunung Anyar.

Kedua, Kata Elok, agar musibah pipa bocor tidak terulang lagi, kita harus flas back apa yang salah, apakah site plan proyek kurang tepat, sehingga lahan yang seharusnya memang diperuntukkan untuk kawasan bangunan sedang (perumahan), dibangun untuk proyek bangunan besar seperti gedung kampus, hotel, dan apartemen.

“Akhirnya, saat pemasangan paku bumi pekerja proyek tidak mengetahui jika dibawah ada saluran pipa PDAM.”ujarnya kepada media ini di gedung DPRD kota Surabaya, Senin (18/05/20).

Politisi Partai Demokrat Surabaya ini menambahkan, dua point diatas tadi  yang harus segera diatasi, soal pipa PDAM bocor.

Pasalnya, dengan bocornya pipa PDAM tentu ada kerugian pendapatan negara, hal ini dilihat dengan matinya distribusi air ke pelanggan.

“Berapa nilai potensial loast atau pendapatan yang hilang dari retribusi air.”tegasnya.

Untuk itu, jelas Elok, PDAM harus kerja ekstra keras untuk segera memperbaiki pipa air PDAM yang bocor di kawasan Gunung Anyar.

Lebih lanjut Elok Cahyani mengatakan, kedepan perlu adanya evaluasi perizinan proyek yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya, agar tidak terjadi musibah yang menyangkut hajat hidup orang banyak seperti, pipa air, dan pipa gas. Pengawasan proyek perlu ditingkatkan kembali oleh Pemkot Surabaya kepada seluruh kontraktor.

“Kedepan, perizinan proyek harus di evaluasi.”ungkapnya. (Lang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *