Pasien Reaktif Covid-19 Meninggal, Pemakaman Dilakukan Warga Desa Dengan APD

CB, Tanah Bumbu – Diduga pasien reaktif Covid-19( ODP) yang meninggal saat sedang menjalani perawatan di RSUD Andi Abdurahman Noor. Pasien dalam perawatan tersebut meninggal dunia pada pukul 02.30 wita dini hari, Selasa 19/05/20.

Pasien ODP Reaktif tersebut berjenis kelamin laki laki umur 63 Tahun merupakan warga RT 05 desa Wanasari, kecamatan sungai loban, Tanah Bumbu, Kalsel. Sebelumnya pasien tersebut sudah menjalani masa perawatan selama 4 hari di rumah sakit Andi Abdurahman Noor, Tanah Bumbu.

Sesuai dengan keterangan Kepala Desa Wanasari I Gusti Made Artawan bahwa sebelumnya pasien reaktif tersebut mengalami sakit pada bagian perut kemudian pihak desa merujuknya ke RSUD Andi Abdurahman Noor guna menjalani pemeriksaan maupun perawatan medis.

Dari hasli pemeriksaan oleh tim dokter pasien tersebut memiliki riwayat penyakit komplikasi yakni usus bocor,ginjal dan liver.

I Gusti Made Artawan menambahkan, pasien reaktif juga sebelumnya sudah dilakukan swab tes, tetapi hasil dari pada swab tes belum keluar ketika pasien meninggal dunia, sehingga sesuai anjuran protokol kesehatan maka pemakaman pasien reaktif tetap harus sesuai protokol kesehatan.

Pemakaman pasien reaktif tersebut dilakukan oleh warga desa Wanasari dengan menggunakan APD lengkap dan tanpa melibatkan pihak keluarga pasien yang ikut serta pada saat prosesi pemakaman di TPU desa Wanasari Kecamatan Sungai Loban.

Kepala desa Wanasari menghimbau kepada masyarakatnya agar tetap tenang dan selalu waspada dengan penyebaran covid-19, Serta terus mengikuti anjuran pemerintah dan selalu jujur kepada aparat desa serta tenaga medis apabila memiliki gejala penyakit yang mencurigakan. (Jhon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *