Pemkab Keluarkan Maklumat Soal Zakat, Takbiran, Sholat Id dan Halal Bihalal

CB,SIDOARJO- Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mengeluarkan maklumat bersama mengenai pelaksanaan zakat, takbiran, salat Idul Fitri dan halal bihalal di tengah pandemi Covid-19.

Maklumat bersama itu hasil kesepakatan Forkopimda, MUI, Ormas Islam, FKUB dan sejumlah tokoh masyarakat Sidoarjo. Rapat koordinasi (Rakor), yang digelar di ruang transit Pendopo Delta Wibawa, Rabu (20/5/2020), dihadiri oleh Ketua MUI Kabupaten Sidoarjo KH.Salim Imron yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam Putat Tanggulangin

Wakil Bupati/pelaksana tugas dan wewenang (PLt) Bupati Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sidoarjo, menyampaikan, alasan dikeluarkannya maklumat bersama itu, setelah mencermati perkembangan penyebaran Corona di wilayah Kabupaten Sidoarjo yang semakin cepat, meluas dan masif selama ini.

“Rakor ini memutuskan dikeluarkannya maklumat bersama berisi empat poin tentang pelaksanaan zakat, takbiran salat Idul Fitri dan halal bihalal. Maklumat bersama ini berlaku sejak 20 Mei 2020,” katanya.

Berikut ini, empat poin isi maklumat bersama yang disetujui dan ditandatangani berbagai unsur dari pemerintah, ulama, tokoh agama dan masyarakat yaitu :

1. Pembagian zakat fitrah/maal diserahkan langsung ke tempat tinggal yang berhak menerima (mustahiq)

2. Takbiran hanya boleh dilakukan di masjid atau musala dengan menggunakan pengeras suara dan tidak boleh takbiran keliling.

3. Salat Idul Fitri hanya diizinkan di masjid, musholla atau lapangan di desa/kelurahan yang berkategori zona hijau atau kuning dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan memproteksi wilayahnya, agar tidak menerima jamaah dari luar.

4. Tidak melaksanakan kegiatan seremonial halal bihalal (open house), baik di kantor pemerintah maupun swasta. (ncs,san)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *