Satu RT 7 Orang Terpapar Virus Corona Desa Kaliboto Lumajang Bertambah

CB, LUMAJANG – Terjumlah 7 orang warga dalam satu RT di Dusun Nyeoran, Desa Kaliboto Lor Kecamatan Jatoroto dinyatakan Positif COVID-19. Hal itu, disampaikan Kepala Dinas Kesehatan yang juga Sekretaris Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kab. Lumajang, dr. Bayu Wibowo Ignatius saat Konferensi Pers di Ruang Lobby Kantor Bupati, Sabtu (23-05-2020) malam.

Didalam adanya penambahan tujuh pasien baru itu, melengkapi pasien yang Positif COVID-19 Yaitu Saat ini menjadi 40 orang, yang sebelumnya, hanya 33 orang.ini berita cukup memprihatinkan,” Tutur.dr Bayu di hadapan insan pers.

Diungkapkannya, bahwa, ketujuh pasien yang Positif COVID-19 ini, terpapar dari klaster Jatiroto, yang sebelumnya telah dikonfirmasi Positif. Kebanyakan warga yang tertular,  adalah keluarga dan tetangga yang berada di satu RT dalam komplek Perumahan, yang begitu padat. Mereka diketahui positif, berdasarkan dari hasil rapid test dan uji Swab.

Sehubungan dengan itu, dr Bayu juga Menghimbau dan mengingatkan kepada suluruh warga masyarakat, agar tetap disiplin terhadap protokol kesehatan yang telah disampaikan Pemerintah, seperti menjaga jarak, pakai masker standart, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir, dan tidak keluar rumah jika tidak mendesak.

Akan tetapi yang tak kalah pentingnya dan Paling Terpenting, untuk selalu Mewaspadai, adalah saudara atau tetangga yang mempunyai riwayat sakit maupun pendatang dari luar daerah yang gejalanya tidak tampak. Ini harus Di jadikan perhatian bersama-bersama pesannya.

Ia juga memberikan peringatan di saat wabah seperti sekarang ini, sebaiknya tidak mengunjungi orang sakit, walaupun itu tetangga atau keluarga sendiri, karena ini beresiko tinggi tertular COVID-19.”Tegasnya

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan juga menyampaikan adanya  tambahan pasien ODP (Orang Dalam Pemantauan) yang kini jumlahnya menjadi 369 orang. Sedangkan, pasien PDP (Pasien Dalam Pengawasan) berjumlah 84 orang. Dan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 13 orang.

Dr Bayu sangat prihatin, dengan sebegitu banyaknya warga masyarakat yang belum sadar terhadap pentingnya Dalam mematuhi protokol kesehatan, utamanya mengenakan masker, jaga jarak, hindari kerumunan, cuci tangan pakai sabun sesering mungkin dan sebagainya.

Tujuh orang pasien baru yang Positif COVID-19 itu, akan diupayakan segera dikarantina dirawat di RS Jatiroto maupun RSUD dr Haryoto Lumajang.agar kesembuhanya dapat Teratasi sesegera mungkin.

Di pihak lain, Direktur RSUD dr Haryoto Lumajang, dr. Halimi di tempat sama menambahkan, bahwa terjadi transmisi penularan antar manusia. Contoh kasus di Jatiroto. Penularannya, pada orang yang memiliki stamina tubuh yang baik. Namun, yang seperti ini justru berbahaya, karena tidak tampak gejalanya. Mereka yang dikonfirmasi Positif tersebut, baru diketahui setelah dilakukan Rapid test dan Uji Swab.

Menyinggung ketersediaan ruang kamar untuk antisipasi bagi pasien COVID-19, dr Halimi menyebutkan, RSUD dr Haryoto tersedia 26 kamar, ditambah ruang yang selama ini digunakan bagi pasien umum.”Pungkasnya.(Hardy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *