Gotong Royong Sebagai Implementasi Budaya Warisan Nenek Moyang

CB, Tanah Bumbu – Sebagai cerminan budaya bangsa kita, warga RT 7, Desa Barokah, Kecamatan Simpang Empat, Tanah Bumbu, Kalsel menggelar gotong-royong, Senin (01/06/2020).

Kegiatan gotong royong tersebut bertujuan demi melestarikan lingkungannya agar tetap bersih dan terhindar dari berbagai penyakit dan epidemy.

Pada kesempatan itu Kepala Desa Barokah melalui Kepala Dusun II, Taufik Qurrahman mengatakan, bahwa kegiatan gotong-royong dilakukan bersama warga setempat dengan tujuan menyatukan persepsi serta pererat tali silaturahmi. Selain itu , lanjutnya juga untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Tampaknya para warga RT 7 Desa Baroqah juga sangat kompak melaksanakan gotong-royong yang merupakan warisan nenek moyang kita , ungkapnya kepada media ini.

Tingginya curah hujan dalam beberapa pekan terakhir, sehingga para warga tersebut pun spontan menggelar gotong-royong. Dengan kegiatan kerja bhakti tersebut maka aliran pada drainase di wilayahnya tetap mengalir lancar dan tidak terjadi penyumbatan.

Dikatakannya, hal tersebut juga mencegah penyebaran penyakit demam berdarah (DBD) di lingkungan RT 7 .

Selanjutnya, setiap kali melakukan kegiatan gotong-royong, pihaknya juga mewajibkan pemakaian masker dan tetap mengikuti prosedur protokol kesehatan yaitu physical distancing, ungkap Kadus.

Bukan itu saja, Kadus juga berharap bahwa kegiatan gotong royong tersebut yang merupakan warisan leluhur tersebut tetap dilestarikan agar tidak terkikis oleh perkembangan Jaman.

Selain iru menjaga warisan nenek moyang kita.

Tentunya melalui kegiatan sosial tersebut diharapkan warga tetap solid dan selalu berbuat yang terbaik untuk Desa Baroqah ini, ungakap Taufik Qurahman. (Jhon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *