Terapkan Protokol Kesehatan Ketat, MPP Magetan Kembali Dibuka

CB, MAGETAN- Setelah tutup selama kurang lebih 3 bulan karena pandemi Covid-19, memasuki fase tatanan kehidupan baru atau new normal, akhirnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan kembali membuka Mall Pelayanan Publik (MPP), Senin (29/6/2020)

Pembukaan Mall Pelayanan Publik ini diawali dengan pemotongan pita secara simbolis oleh Wakil Bupati (Wabub) Magetan Dra. Hj. Nanik Endang Rusminiarti, Mpd yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Magetan Ir. Hergunadi MT serta Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sunarti Condrowati S. Sos, Msi disaksikan oleh segenap OPD terkait pada senin, (29/06/2020).

Dalam pembukaan itu, Wakil Bupati Magetan atau sapaan akarabnya Bunda Nanik menyampaikan, bahwa dibukanya kembali MPP Magetan ini adalah sebagai tahapan uji coba tatanan era baru atau yang biasa disebut new normal selama 3 bulan, kemudian akan dilakukan evaluasi.

“Dibukanya Mall Pelayanan Publik ini sebagai tahapan uji coba new normal selama 3 bulan di masa Pandemi Covid-19. Apabila menimbulkan kluster baru maka akan kita evaluasi kembali, namun jika tidak ada maka akan kita lanjutkan,” kata Wakil Bupati Magetan,Senin (29/6/2020)

Wabub mengingatkan, kepada semua instansi dan OPD yang tergabung didalam MPP Magetan, agar selalu memperhatikan protokol kesehatan pada petugasnya yang di MPP serta selalu mengingatkan pengunjung bila lalai menerapkan protokol kesehatan.

“Untuk Bapak Ibu atau seluruh OPD yang tergabung dalam Mall Pelayanan Publik ini agar selalu memperhatikan protokol-protokol kesehatan,” jelasnya.

Wakil Bupati, mengatakan dengan dibukanya kembali MPP ini diharapkan bisa mengembalikan keadaan ekonomi para pedagang disekitar MPP masyarakat walaupun saat ini masih pada tahapan ujicoba.

‚ÄúDengan dibukanya Mall Pelayanan Publik ini, kita harapkan perekonomian masyarakat khususnya para pedagang disekitar MPP segera normal kembali, karena kita semua tahu mereka beberapa bulan terakhir sangat terpuruk karena Covid-19,”ujarnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sunarti Condrowati S. Sos, Msi menyampaikan, sebelum dibukanya Mall Pelayananan Publik tersebut sudah dilakukan berbagai persiapan sebelumnya. Selain melengkapi sarana dan prasarana juga menerapkan protokol sesuai SOP yang berlaku.

“Dengan dibukanya MPP ini kita ingin selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, namun disisi lain kita juga harus tetap memperhatikan protokol kesehatan,”ungkapnya.

Kadin DPMPTSP menegaskan, untuk pemohon yang tidak mematuhi aturan atau protokoler kesehatan akan langsung ditolak dan disuruh kembali, swpertihalnya penggunjung yang datang tanpa menggunakan masker.

“Bila ada pemohon yang datang tanpa memakai masker akan kita suruh kembali, karena itu sudah menjadi SOP disini, jadi harus dipatuhi,” bebernya.

Dijelaskan Condrowati, disamping wajib memakai masker, sebagai penerapan SOP protokol kesehatan di Mall Pelayanan Publik (MPP) pemohon juga harus di cek suhu tubuhnya dan mencuci tangan sebelum memasuki areal MPP.

“Jadi sesuai SOP yang ada disini sebelum masuk, pemohon wajib bermasker, cuci tangan terlebih dahulu ke tempat yang yang sudah disediakan, kemudian dicek suhu tubuhnya. Apabila didapati suhu tubuh pengunjung dari batas maksimal maka akan dikonsultasikan pada Dinas Kesehatan yang berada di ruang laktasi MPP,” tutupnya.( ton/nanda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *