Ultah 1 Tahun Kabarjagad.id: Profesionalisme Harga Mati

CB, Surabaya – Profesionalisme sebuah lembaga media massa, tidak dilihat dari usianya. Melainkan cara pandang, keberpihakan, dan standar etika jurnalis hingga gerakan naluri nuraninya. Perjalanan media kabarjagad.id yang dipelopori Budi Mulyono, telah genap satu tahun. Usia ini dimulai dari waktu media ini terverifikasi dalam daftar media resmi dewan pers.

Tapi sebelumnya, Kabarjagad.id telah bertunas beberapa tahun yang lalu, memberitakan dengan karakter khas lokal Jawa Timur. Budi Mulyono mulai membangun Kabarjagad.id diawali dengan ketertarikannya memberitakan media berkonten budaya, yang kini mulai terkikis. Meski demikian, kini ia juga lebih memperluas konten media untuk mengedukasi masyarakat dengan informasi ringan, seperti kuliner hingga peristiwa unik.

Tugas beratnya adalah mempertahankan profesionalisme jurnalis dalam upaya memberitakan informasi ke masyarakat. Terlebih saat pendapatan media online tidak seberapa, hanya bisa untuk menghidupi para wartawan dari iklan ala kadarnya. Namun hal ini tidak menjadi soal, karena jurnalis tidak terikat pada lembaga media massa, tapi pada naluri dan kesetiaannya pada kode etik jurnalis yang ada.

“ Meski saat ini saya masih belajar untuk membangun kabarjagad.id, tapi yang paling saya junjung tinggi ada nilai profesionalisme jurnalis” tutur Budi Mulyono Pimred Kabadjagad.id.

Ia menambahkan pertumbuhan kabarjagad.id tak lepas dari dukungan semua pihak. Seluruh pihak mitra, masyarakat hingga seluruh media lain juga turut mnemberi dukungan. Contoh riil dukungan adalah pemikiran, saran, kritik hingga bantuan iklan.

“ kami tidak akan bertumbuh, tanpa bantuan ibu dan bapak semuanya” pungkasnya di depan undangan para petinggi Forkopimda Jombang.

Senada dengan Budi Mulyono, Kepala Biro Kabarjagad.id Jombang  Agus Situju Haerah  juga ingin merayakan ulang tahun media yang dibinanya dengan besar hati, dan penuh makna.

“ Kami akan terus memberikan kontribusi kepada masyarakat luas melalui media online Kabarjagad.id” tuturnya serius,” ujar Agus.

Dalam peringatan hari jadi kabarjagad.id juga melakukan baksos dengan memberikan sembako kepada yang berhak menerima bantuan tersebut.

“ Dalam baksos sembako ini memang kami niatkan untuk para janda dan anak yatim piatu serta masyarakat kurang mampu untuk meringankan beban saudara kita disekitar dan insya allah kegiatan ini akan terus kami jalankan,” kata Agus Situju Haerah . (bud/tim)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *