Polres Gresik Ungkap Dua Pelaku Curanmor

CB, Gresik – Polres Gresik ungkap kasus tindak pidana pencurian sepeda motor (curanmor), sebagaimana dimaksud dalam primer Pasal 363 ayat (1) ke 4 e KUHPidana berhasil diungkap Unit Reskrim Polsek Kebomas Polres Gresik. Hal tersebut disampaikan Kapolres Gresik dalam giat press release, yang digelar di halaman Mapolres Gresik, Senin (19/10/2020) siang.

Kapolres Gresik AKBP. Arief Fitrianto SH, S.I.K, MM, dalam giat press release tersebut didampingi Kapolsek Kebomas Kompol Yulianto, Kasat Reskrim, AKP. Bayu Febrianto Prayoga SH, S.I.K, M.I.K, Kasubag Humas, AKP. Bambang Angkasa.

Pada giat tersebut, Kapolres menjelaskan, kejadian pencurian motor tersebut terjadi pada hari Rabu 14 Oktober 2020, sekira pukul 02.00 Wib, yang mana pada saat itu korban terbangun dari tidurnya bermaksud untuk buang air kecil.

“Selanjutnya korban mengecek sepeda motor Honda Beat warna putih Nopol W -3653- AE miliknya dan diketahui sudah berpindah tempat (bergeser). Kemudian korban mendengar suara ribut-ribut di luar rumah, dan ada teriakan maling-maling, ketika dilihat warga sudah menangkap dan mengamankan dua orang .

“Dua pemuda berinisial AH (26) warga Surabaya dan S (22) warga Sampang Madura, yang hendak melakukan pencurian,” terang AKBP. Arief Fitrianto.Ternyata perbuatan pelaku diketahui oleh warga, lanjut Kapolres, yaitu Aris dan Juniar yang kebetulan lewat dan mengetahui ada seseorang yang berhenti dipertigaan gang sambil duduk di atas sepeda motor, sedang menunggu seseorang dan ketika dihampiri bersamaan datang teman pelaku keluar dari halaman rumah korban.

“Merasa curiga kemudian dua orang warga tersebut menegur tersangka, sedang apa malam – malam di sini, dan dua tersangka mengatakan sedang mencari temannya. Namun kedua tersangka terlhat gugup dan ketakutan, dan tidak sengaja menjatuhkan alat mata kunci leter Y,” ungkap Kapolres.

Masih Kapolres, warga yang mengetahui kejadian tersebut curiga, kedua tersangka bergegas naik sepeda motor untuk pergi. Namun kedua warga langsung sigap memegangi tersangka hingga terjatuh dari sepeda motornya, kemudian kedua pelaku melarikan diri meninggalkan sepeda motor miliknya. Tak tinggal diam, mengetahui kejadian tersebut kedua warga langsung mengejarnya sembari berteriak maling-maling, hingga warga berdatangan dan ikut meringkus kedua tersangka.

“Saat diperiksa oleh warga ditemukan alat kunci leter Y yang disimpan tersangka di perut, mengetahui keduanya diduga pelaku curanmor warga geram dan akhirnya sempat menghakimi kedua tersangka agar mengakui terus terang perbuatannya, dan sampai datang petugas Polsek Kebomas ke lokasi kejadian dan mengamankan kedua tersangka berikut dengan barang buktinya ke Polsek Kebomas,” terang perwira dengan dua melati di pundak ini.

Selanjutnya, kedua tersangka diamankan beserta barang buktinya, yaitu, 1 Unit Sepeda motor Honda Beat warna putih Nopol W -3653- AE beserta STNK dan kuncinya, 1 Unit sepeda motor Honda Genio warna Hitam Nopol L -5260- MH, 1 buah kunci Leter Y, dan 1 buah mata kunci obeng Gepeng, untuk proses penyidikan lebih lanjut. (  sis )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *