Sebagai Bentuk Pengabdian Dan Rasa Peduli Yang Tinggi, Ners Muda Fakultas Keperawatan Universitas Riau Adakan Kegiatan Pendidikan Kesehatan Cegah Covid – 19 Bersama Masyarakat

CB, Tanjung Pura Pengandonan Oku – Covid – 19 adalah sebuah virus yang telah menggemparkan dunia, seluruh negara terus menerus berupaya untuk mencegah penularan Covid – 19 ini, tanpa terkecuali Indonesia. Seluruh elemen masyarakat ikut serta andil dalam bahu membahu mencegah penularan Covid – 19 ini, dengan cara menerapkan protokol kesehatan.

Tapi tidak semua masyarakat mengerti tentang Covid – 19 dan pencegahannya, maka dari itu, Ners muda fakultas keperawatan Universitas Riau, dibawah bimbingan Ns. Agrina. M. Kep. Sp. Kom. PhD dan Ns.siti Fatimah. S. Kep mengadakan kegiatan pendidikan kesehatan cegah covid – 19 bersama masyarakat, sebagai bentuk pengabdian dan kepedulian terhadap masyarakat di desa Tanjung pura. Kecamatan Pengandonan, Sabtu (10/10/20) yang dihadiri oleh kepala desa Tanjung pura Asmawi, tenaga kesehatan dari puskesmas Pengandonan, Ibu PKK, masyarakat serta Lansia, yang merupakan salah satu kelompok beresiko tinggi tertular Covid – 19.

“Supaya masyarakat sadar tentang bahaya Covid – 19 dan pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam mencegah penularan covid – 19. Dalam kegiatan pendidikan kesehatan ini bertujuan untuk menambah wawasan masyarakat tentang covid -19 dan pentingnya penerapan protokol kesehatan selama pandemi,” Jelas Ns.Agrina. M. Kep. Sp. Kom PhD dan Ns. Siti fatimah. S. Kep dengan penuh semangat dan rasa kepedulian yang tinggi.

Inilah wujud pengabdian yang di tunjukkan oleh Ners muda FKP UNRI, tanpa rasa bosan terus menekankan betapa pentingnya menerapkan 4M yakni.( Memekai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menetap di rumah) sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran covid – 19. Serta Ners muda pun bekerja sama dengan aparatur desa, lansia dan masyarakat, menyediakan media yang bisa di gunakan masyarakat sebagai tempat mencuci tangan. Tanpa melupakan untuk membimbing mereka bagaimana cara mencuci tangan yang benar, etika batuk yang baik serta mengajarkan bagaimana cara memasang dan melepas masker dengan baik dan benar. Supaya masyarakat sadar serta meningkatkan pemahaman mereka, bahwa betapa pentingnya penerapan protokol kesehatan selama pandemi covid – 19 berlangsung.

” Kegiatan ini sangatlah berguna dan bermanfaat bagi masyarakat Tanjung pura,” ujar Asnawi¬† selaku kepala desa Tanjung pura. Selaras dengan ungkapan salah satu masyarakat Tanjung pura yang mengucapkan rasa terima kasih nya kepada para pembimbing yang telah membimbing serta menyampaikan informasi yang sangat penting dan bermanfaat dalam mencegah covid – 19 ini.”kami sangat bersyukur ,”tutupnya (Yulian tomi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *