SHM Disambut Pemuda Desa Sari Utama Dengan Aksi Akrobatik

CB, Tanah Bumbu – Kehadiran calon Bupati Tanah Bumbu, Syafruddin H Maming (SHM) di Desa Sari Utama, Kecamatan Sungai Loban, Tanah Bumbu Kalsel mendapat sambutan istimewah dengan menampilkan tarian kesenian “Kuda Lumping” yang merupakan kesenian khas Jawa Timur, 18/11/2020.

Pada awalnya terdapat 6 pemuda yang membentuk sebuah pola tarian. Di iringi tabuhan gendang dan iringan gamelan, satu persatu dari mereka mulai Mendem yang artinya memainkan tarian kuda lumping dengan tarian yang orangnya kesurupan.

Diawali tiga penari kesurupan. Tak lama berselang, satu penonton juga mengalami hal yang sama.

Pawang pun tampak mengoleskan minyak wangi dan memecutkan cambuk ke udara. Hal itu membuat para penari menjadi penurut. Mereka mengikuti isyarat pawang tersebut.

Pertujukan tersebut spontan menjadi tontonan warga yang menunggu momen pidato politik SHM.

Atraksi tersebut merupakan implementasi pelestarian budaya kita yang sudah berdiri sejak 1997 di desa ini,”  kata salah seorang sesepuh desa lewat pengeras suara.

Setelah menyaksikan pertunjukan itu, SHM langsung membuka kampanye politiknya di hadapan ratusan orang masyarakat.

Dia mengawali kampanyenya  dengan memperkenalkan tiga pasang putra putri terbaik Tanah Bumbu yang maju di kontestasi Pilkada Tanah Bumbu 2020.

“Inilah namanya kampanye santun,  kampanye damai ala pasangan calon nomer urut satu,” kata SHM.

Di sana, SHM juga menyampaikan soal komitmen program Tri Dharma Pembangunan yang akan terus dilanjutkan. Selain itu, dia juga sempat membantah isu bahwa dia dan adiknya, Mardani H Maming, adalah keponakannya Haji Isam.

“Itu tidak benar. Saya dan Mardani tidak ada hubungan keluarga dengan beliau,” tegasnya .
(Jhon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *