Kepribadian dan Integritas Drs. Handoko Kades Menganti, Gresik

CB, Gresik – Berlatar belakang seorang pendidik dilingkungan sekolah dasar Negeri sebagai guru honorer selama lebih dari 10 Tahun, putra dearah kelahiran 55 tahun yang lalu ini diluar prediksi pada umumnya mampu meraih kepercayaan penduduk Desa Menganti dengan maraup suara penuh pada proses pemilihan kepala desa Tahuh 2018 lalu.

Berkumis lebat, berperawakan tegap sepintas terlihat raut muka tanpa kompromi, namun kalem dalam bertutur maupun berpola saat ditemui oleh awak media Cahaya Baru di ruang kerjanya, Senin (16/11/2020), setelah sekian waktu lamanya awak media berharap dapat berbincang lepas dengan Drs. Handoko, sebagai salah satu orang yang mempunyai pengaruh diwilayah kecamatan Menganti kabupaten Gresik.

Drs. Handoko, selain resmi dilantik menjadi Kepala Desa (Kades) Menganti Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik periode 2018-2024 akhir tahun 2018 lalu, secara automatis Drs. Handoko juga mengemban jabatan bergengsi ditengah musim pesta demokrasi pemilihan kepala daerah serentak dalam waktu dekat ini, yaitu sebagai Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kecamatan Menganti.

Didasari 15 tahun pengabdiannya sebagai kepala dusun, Drs. Handoko dalam hal kontestasi politik daerah saat ini dirinya berpegang pada sistem demokrasi yang tidak otoriter, tegasnya.

Menengok lebih dalam kepribadian dan integritas serta kinerja Drs. Handoko sebagai Kades Menganti.

Drs. Handoko, termotivasi atas keinginan penduduk desa serta dukungan dari keluarga khususnya sang istri yang mempunyai usaha sendiri sebagai distributor, lambang atau pertanda bahwa dirinya akan mengemban amanah sebagai kepala desa sudah diterlihat, melalui sholat istikharah dan doa yang senantiasa terpanjatkan, ” Ya Alloh apabila niat saya baik maka kabulkanlah, dan jikalau niat saya tidak baik maka jangan Engkau jadikan saya sebagai kepala desa”, ucap Drs. Handoko menuturkan.

Amanah dan adil adalah fundamental bagi seorang pemimpin yang ideal, jabatan adalah amanah, apapun yang telah menjadi hak para penduduk wajib kita sampaikan atau berikan, karena pasti ada pertanggungjawabannya baik sekarang maupun kelak di akhirat, tegas Drs. Handoko.

Adil, terutama pada diri sendiri yaitu dengan merealisasikan nadar jika terpilih nanti akan melaksanakan kegiatan rutin berupa khotmil Al Qur’an, tahlil serta doa bersama yang ditujukan kepada para leluhur pemerintah desa, hingga saat ini pada setiap hari Kamis Kliwon dan sampai akhir masa jabatan saya, hikmah dan harapan bagi saya atas kegiatan tersebut adalah sebuah kebijakan seorang pemimpin yang tanpa pandang bulu, terang Drs. Handoko.

Terdapat 7 dusun dalam wilayah Desa Menganti, kepadatan populasi penduduk desa yang kian bertambah mengingat luas wilayah banyak berdiri perusahaan, serta kemajemukan dan heterogensinya yang dapat mempengaruhi kultur budaya lokal mengingat kecamatan Menganti yang berbatasan dengan kota Surabaya.

Drs. Handoko mampu segera beradaptasi dengan segala kompleksitas problematikanya, disiplin kinerja dengan lebih memprioritaskan pada pelayanan administratif secara maksimal, walaupun saya sendiri yang mengerjakan tidak harus menunggu perangkat desa yang bersangkutan, ungkapnya.

Pada aspek prestasi, penyelenggaraan pemerintahan baik ditingkat desa sampai ketingkat pusat dalam waktu beberapa bulan terakhir atau hampir satu tahun ini tersita waktu dan tenaganya guna penanggulangan pandemi covid-19, telah menjadi entitas etos kerja bagi Drs. Handoko beserta segenap pemerintah Desa Menganti atas kunjungan Menteri PMK RI yang didampingi oleh Wakil Gubernur Jawa Timur belum lama ini.

Sebagai penutup, mengingat peran serta media massa saat ini pada proses penyelenggaraan pemerintahan dirasa sangat penting sebagai mitra kerja, Drs. Handoko berpesan kepada seluruh elemen sosial bahwa dengan mengedepankan etika sebagai landasan integritas akan lebih sinergi, dan perlu diingat juga bahwa etika lebih berharga daripada karya, pesannya.

Terlepas dari iklim kompetitif peran media massa, AKD Kecamatan Menganti terdapat 22 jumlah desanya pernah memiliki media informasi sendiri berupa tabloid yang memuat berita tentang sejarah, kultur budaya, kearifan lokal dengan beraneka ragam tradisinya, Drs. Handoko selaku Ketua AKD kecamatan nantinya akan memusyawarahkan bersama tentang eksistensinya.(Sub)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *