Ditengah Pendemi Covid-19, SMPN 1 Pakel ‘Cekik’ Wali Murid Berbagai Sumbangan

Waka Sarpras: Itu Sudah Lama dan Seluruh Sekolah di Tulungagung Juga Melakukan

CB,TULUNGAGUNG – Delapan bulan berlalu, Indonesia telah menghadapi ujian berat wabah Covid-19. Dampak wabah virus corona ini tentunya telah melumpuhkan berbagai sektor strategis, tak terkecuali sektor perekonomian dan akibatnya kondisi perekonomian pun tidak menentu.

Namun, ironisnya, situasi dan kondosi perekonomian yang serba tidak menentu akibat wabah virus corona ini, namun masih ada saja pihak lembaga pendidikan yang ‘melakukan memberatkan wali murid dengan berbagai sumbangan. Seperti halnya yang dilakukan oleh pihak SMPN 1 Pakel, Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung ini.

Sumbangan yang diduga mencekik para wali murid ini, diantaranya adalah penarikan iuran untuk beli bangku kisaran Rp.100ribu lebih, untuk pembelian kertas raport Rp.45rb dan rencananya akan menarik setiap siswa untuk membangun gedung kisaran Rp.500rb lebih. Akibatnya, sejumlah wali murid di SMPN 1 Pakel ini pun menjerit dan merasa keberatan.

”Kondisi seperti ini kok masih saja ada tarikan-tarikan yang sangat memberatkan kami. Tolonglah, jangan lagi memberatkan kami dengan sumbangan-sumbangan yang mencekik,”kata sejumlah wali murid SMPN 1 Pakel kepada Cahaya Baru.

Bambang, Waka Sarpras SMPN 1 Pakel saat dikonfirmasi terkait informasi adanya penarikan atau sumbangan kepada siswa-siswinya itu pun tidak menampik alias benar adanya. Bahkan, terkait tarikan soal kertas raport itu, ia pun menjelaskan bahwa
setiap tri wulan (tiga bulan sekali, red) kertas raport itu harus ganti dan itu sudah berjalan cukup lama serta itu pun dilakukan seluruh sekolah yang ada di Tulungagung.

”Untuk K13, itu model raportnya setiap tiga bulan sekali harus ganti kertas raport baru,”kata Bambang kepada Cahaya Baru di ruang kerjanya, Rabu (25/11), kemarin.

Untuk bantuan uang gedung, lanjut Bambang, itu masih sebatas rencana, yakni untuk ruang kelas di utara mushola yang rencananya bakal dibangun. ”Wo itu toh mas, dan itu masih rencana saja kok,”kilah Bambang.(rul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *