DPRD Tulungagung Restui APBD Tahun 2021 Rp2,3 Triliun

CB,TULUNGAGUNG – Rapat Paripurna DPRD Tulungagung, Sabtu (28/11), telah merestui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tulungagung tahun 2021, Rp 2,3 Triliun. Restu ini, dituangkan pula dalam Berita Acara yang ditandatangani oleh Ketua DPRD Tulungagung, Marsono dan Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo MM.

Sebelum merestuinya, yakni 7 fraksi di DPRD Tulungagung menyampaikan pendapat terhadap dokumen APBD tersebut. Sedangkan sejumlah catatan disampaikan saat dalam Rapat Paripurna yang digelar melalui video conference itu.

Sedangkan Fraksi PDIP melalui anggotanya, Sumarno, yakni catatan berupa masukan tentang permintaan anggaran diprioritaskan bukan paket, namun peningkatan pelayanan publik berupa cetak e-KTP yang bisa dilaksanakan disetiap kecamatan. “Kebutuhan anggaran OSN-O2SN dilakukan secara virtual, anggaran untuk MKKS dan MGMP, pengembalian tim koordinasi Paskibraka ke Dikpora, penyelesaian kelangkaan pupuk dan penerbitan kartu tani secara transparan,” kata Sumarno.

Untuk lebih mengedepankan program pemulihan ekonomi, lanjut Sumarno, mengutamakan program yang menjadi skala prioritas. “Perlu keseriusan dalam peningkatan PAD dibeberapa OPL di OPD terkait, dan penguatan kelembagaan serta pelayanan prima di 32 Puskesmas,”jelasnya.

Imam Kambali, Fraksi Hati Nurani Bersatu menyampaikan, agar biaya kesehatan masyarakat lebih ditingkatkan, dan prioritas pembangunan infrastruktur perlu ditinjau ulang. Sehingga, pembangunan di Kabupaten Tulungagung benar-benar bisa merata. Disisi lain, pria berkumis tebal ini juga menyoroti tentang adanya pengisian PPPK di tahun 2021, agar benar-benar diprioritaskan pada pengabdian yang lebih lama bukan terpaku pada jam mengajar.

Sementara itu, Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo MM mengatakan, yakni kebijakan yang dikeluarkan telah disinergikan dengan 5 prioritas program Indonesia Maju, serta disesuaikan dengan prioritas kebijakan penganggaran dan perubahan prioritas plafon anggaran sementara Tahun 2021. Pada tahun 2021, jelas bupati, anggaran pendapatan Tulungagung sebesar, Rp 2.394.260.047.478, belanja daerah Rp 2.506.260.470.478, devisit Rp 119.000.000.000, penerimaan pembiayaan daerah Rp 120.500.000.000, pengeluaran pembiayaan Rp 8.500.000.000, pembiayaan netto Rp 112.000.000.000 dan silpa Rp 0.

Pria yang pernah menjabat Seksa Tulungagung ini juga menyampaikan terimakasih kepada para anggota DPRD Tulungagung, dan akan memperhatikan catatan-catatan fraksi yang disampaikan dalam pandangan umum.

Sedangkan Rapat Paripurna yang ada di Gedung Graha Wicaksana DPRD Tulungagung ini juga dirangkaikan dengan penyampaian Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Tahun 2021 serta ranperda lainnya.(rul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *