Kabulkan Permintaan Warga, Bidang Cipta Karya DPUPR Bangun SPAM di Desa Turi

CB, MAGETAN- Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUPR) bidang Cipta Karya Kabupaten Magetan melakukan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang berada di dukuh nglemi Desa Turi Kecamatan Panekan.

Kepala Dinas PUPR Ir. Muhtar Wachid melalui Kepala Bidang Cipta Karya Rohmad Zainnudin St.Mt mengatakan bahwa anggaran proyek ini berasal dari dana Perubahan Anggaran Belanja Daerah (PABD) Tahun Anggaran (TA) 2020 senilai Rp.176.940.000,00.

Rohmat menyatakan bahwa pembangunan ini sepenuhnya diserahkan pada rekanan, yakni pada CV.Jaya Raharja dan diawasi oleh CV. Karya Tuju Satu yang dalam pengerjaanya sendiri menggunakan memperkerjakan warga masyarakat sekitar untuk terlibat langsung dalam pembangunan SPAM tersebut.

“Proyek SPAM ini menggunakan anggaran PABD 2020, dengan nilai kontrak Rp 176.940.000,00 dikerjakan oleh rekanan CV.Jaya Raharja dengan pengawasan CV.Karya Tuju Satu dan dalam pengerjaanya sendiri melibatkan masyarakat sekitar,”paparnya

Selain itu, Rohmat juga mengungkapkan bahwa dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) memberikan bantuan kepada warga berupa pipa dan meteran hanya sebanyak 33 Kartu Keluarga (KK) dari sekitar 80 Kartu Keluarga (KK), dan untuk sisanya sendiri warga akan membeli secara swadaya.

Dengan turunnya bantuan berupa SPAM ini kepada masyarakat Desa Turi, Rohmat berharap semoga bantuan ini dapat bermanfaat untuk warga masyarakat dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar bantuan ini bisa bermanfaat harus didukung dengan swadaya sesuai kesepakatan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu disisi lain, Sartono warga masyarakat sekitar mengaku senang dan sangat berterima kasih dengan turunya bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan dalam hal ini Dinas PUPR Magetan.

Menurut Sartono bantuan ini sangat bermanfaat dan memang dibutuhkan warga sekitar, terlebih lagi untuk pembangunanya sendiri menggunakan warga masyarakat sekitar yang pada saat ini secara ekonomi sedang merasa kesulitan karena pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah senang mas, bersyukur Pemkab mengabulkan permohonan bantuan kami, apalagi pengerjaanya sendiri menggunakan warga masyarakat sekitar, ya lumayan mas untuk menambah ekonomi di tengah pandemi,” ujarnya.(ton/nda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *