Banjir Legenda dan Tempat Pembuangan Sampah Akhir

Dhimam Abror (kiri acungi jempol)

Amanah Kepala Daerah Baru, Banjir Legenda dan Pengadaan TPA Sampah Daerah Kabupaten Gresik

CB, INDONESIA – Masa Depan Indonesia, dipenghujung Tahun 2020 ditemani dengan suasana mendung sebagai mana tradisi Natal dan Tahun Baru.

Media cetak dan online Cahaya Baru yang berpusat di kota Megapolitan ke-2 yaitu Surabaya, Jawa Timur mengangkat tema kilas balik seputar kejadian fenomenal yang terjadi semenjak awal hingga akhir Tahun 2020, baik yang terjadi di daerah kabupaten/kota, Provinsi maupun Nasional.

Diawal pemerintahan kedua Joko Widodo sebagai presiden Republik Indonesia (RI) jilid kedua, hingga saat ini (akhir Th.2020) wabah pandemi covid-19 belum juga menampakkan tanda-tanda berakhirnya wabah yang sekaligus masih menjadi prioritas kinerja pemerintahan Nasional.

Melalui berbagai peraturan perundang-undangan dan atau Perpu tentang penanganan pandemi covid-19, UU beserta Perpu tentang pandemi covid-19 telah menjadi payung hukum pemerintah Nasional guna melangsungkan kinerjanya secara lebih leluasa.

Hal mana yang masih menjadi prioritas kinerja pemerintahan Nasional beserta seluruh jajarannya sampai pada tingkat pemerintahan desa adalah penanganan serta penanggulangan pandemi covid-19 yang telah menyedot banyak dana APBN juga terpangkasnya berbagai alokasi anggaran dari lintas kementerian.

Pandemi covid-19 telah sangat berdampak pada ekonomi, sosial serta pada sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara yang lainnya terlebih dampak mental ideologi mengingat kesenjangan-kesenjangan sudah banyak terjadi, seperti kurang harmonisnya hubungan didalam keluarga, keluarga adalah akar dari pertahanan Nasional.

Akan menjadi optimisme harapan bagi seluruh tumpah darah Indonesia jika kepercayaan rakyat Indonesia masih melekat pada diri mereka terhadap proses penyelenggaraan pemerintahan saat ini dalam menjalankan tugasnya ditengah wabah pandemi covid-19, in Shaa Alloh.

Juga pada tingkat pemerintahan provinsi khususnya Jawa Timur, diawal pemerintahan baru yang terpilih secara demokratis (Tahun 2019) telah menentukan putra-putri terbaiknya guna menakhodai satu wilayah provinsi yang vital dan sangat bersejarah pada perkembangan bangsa dan Negara Republik Indonesia.

Jawa Timur pada musim pandemi covid-19 saat ini (awal-pertengahan/Th. 2020) telah menduduki rangking kedua wilayah daerah setelah provinsi DKI Jakarta untuk jumlah tertinggi pasien covid-19. Mengingat APBD yang berbeda, Wilayah Jawa Timur sangat merasakan betapa besar dampaknya, selain nilai APBD juga berdiri banyak perusahaan yang memperkerjakan masyarakat lokal dan ter-PHK akibat Pandemi covid-19.

Beruntung, Provinsi Jawa Timur memiliki pemimpin yang berlatar belakang religius prestisius, ialah Ibu. Khofifah Indar Parawansa (ketua muslimat NU) dan Emil Dardak (mantan Bupati Banyuwangi) tokoh muda syarat dengan pengalaman dan intelektualitasnya, semoga melalui proses pemilihan yang demokratis atas kedua tokoh tersebut dengan ekspektasi keberkahan dari Yang Maha Kuasa, Provinsi Jawa Timur segera terbebas dari berbagai macam aral dan rintangan apapun, aamiin.

Perpektif Nasional dan Provinsi tentang situasi dan kondisi yang terjadi pada awal hingga akhir tahun ini (2020) menjadi abstrak pendahuluan dari inti pesan yang akan dikemukakan oleh Cahaya Baru sebagai kontribusi keikutsertaan dalam proses penyelenggaraan pemerintahan di Negeri tercinta Indonesia Raya ini.

Elementer, menjadi karakter profesional media selain Fundamental dan Komplementer, berdasarkan karakteristik tersebut media cetak dan online Cahaya Baru beserta segenap reporternya berusaha menyuguhkan karya jurnalistik pada moment akhir tahun ini (2020), guna memperjelas peranannya (Cahaya Baru) pada proses penyelenggaraan pemerintahan dengan lebih berdaulat.

Fenomena banjir atau luapan air yang kurang tertampung di berbagai wilayah daerah seluruh Indonesia masih banyak kita dapati pada pemberitaan-pemberitaan pada media mainstream kita, mengusung tema Banjir atau Luapan Air inilah menjadi pesan utama dari rubrik artikel karya jurnalistik awak media Cahaya Baru akhir tahun.

Kompeten dalam menghubungkan (Elamenter) setiap hal ihwal yang terjadi, baik pada aspek kelembagaan, instansi, institusi maupun aspek individu sosial kemanusiaan di dalam proses keberlangsungan tata kelola kehidupan yang berkoridor fundamental dalam wadah sebuah Negara. Karakteristik elamenter profesional media berkonsekuensi mempererat hubungan antar sesama (lembaga/individu) dengan tujuan utamanya adalah perdamaian abadi.

Kabupaten Gresik adalah satu diantara wilayah di seluruh Indonesia yang menjadi tempat reporter media Cahaya Baru dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya, dan menjadi tajuk utama dari rubrik artikel berita (akhir tahun 2020) kali ini, melalui beberapa tahun melakukan pengamatan dilapangan bahwa banjir atau luapan air dari anak/sungai kali Lamong ini bukanlah kategori musibah, namun lebih mengarah pada aspek prioritas kinerja pemerintah.

Banjir atau luapan air dari anak/sungai kali Lamong ini berdasarkan ungkapan dari beberapa penduduk yang bertempat di lokasi sekitar anak/sungai kali Lamong yang mengalir ke Bengawan Solo sebelum bermuara kelaut, menamakannya dengan Banjir Legenda oleh sebab telah terjadi semenjak jaman dahulu kala.

Banjir Legenda dan Keberadaan Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) diwilayah kabupaten Gresik menjadi tema artikel ini sekaligus atensi atau perhatian khusus dari media cetak dan online Cahaya Baru pada keikutsertaannya pada proses penyelenggaraan pemerintahan yang baru.

Ditahun dan pemimpin yang baru, kabupaten Gresik tercatat sebagai penyelenggara Pemilu Kepala Daerah tahun ini (Periode 2021-2026) besar harapan dari Cahaya Baru sebagai representasi dari perhatian publik agar kebijakan kinerja dan program pemerintahan yang akan datang untuk lebih memperhatikan kepentingan umum terutama dibidang keselamatan jiwa.

Media cetak dan online Cahaya Baru menurut rencana akan melounching kantor Biro daerah kabupaten Gresik selain telah mempunyai kantor pusat di Surabaya, mengingat Pimpinan Umumnya yang juga berdomisili dalam satu wilayah.

Melalui Pimpinan Umum Cahaya Baru, eksistensi dan profesionalitas media Cahaya Baru di wilayah kabupaten Gresik telah terbukti, setiap aspirasi yang berkembang serta persoalan-persoalan yang ada dilingkungan dimana ia berdomisili, atas kepercayaan publik baik personal maupun lembaga, Pimpinan Umum Cahaya Baru pernah ditunjuk sebagai mediator atas permintaan para pihak yang berselisih, sekaligus dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Jangan macam-macam dengan orang itu (Pimum Cahaya Baru) ucap petinggi desa yang berketempatan tinggal, melalui saran dan bimbingan Pimpinan Umum Cahaya Baru kepada ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) kecamatan Menganti (Almrm) yaitu sebuah gagasan guna memenuhi syarat pemerintahan yang baik adalah tersedianya akses keterbukaan informasi bagi publik.

Media cetak (Tabloid) khusus desa sewilayah kecamatan Menganti kabupaten Gresik dengan rubrik berita sangat edukatif bersumber dari 22 desa pernah dilounching, atas kerjasama dan bimbingan Pimpinan Umum Cahaya Baru sebelum ketua AKD nya meninggal.

Ketersediaan ruang bagi publik guna mendapatkan informasi seluas-luasnya adalah hak bagi publik, dan mekanisme tersebut telah diatur didalam undang-undang No. 14 Tahun. 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, bahwa setiap lembaga ataupun instansi baik pemerintah maupun swasta yang didalam operasional penyelenggaraannya bersumber dana dari APBD kabupaten/kota, APBD provinsi dan maupun APBN Nasional adalah wajib untuk menyediakan ruang informasi bagi publik.

Dimilikinya media (Tabloid) sebagai sarana transformasi informasi publik oleh lembaga atau instansi penyelenggara pemerintah walaupun ditingkat desa dapat menjadi iklim kompetitif yang demokratis bagi semua elemen bangsa dalam rangka terpenuhinya tuntutan profesionalisme.

Seagaimana telah disebutkan di atas beberapa kiprah baik person maupun kelembagaan media, media cetak dan online Cahaya Baru melalui artikel berita (akhir tahun) ini dengan tetap berpegang pada platformnya yaitu sebagai Instrumen Demokrasi, Instrumen Publik dan Tanggung Jawab Publik, kedepan dapat menjadi mitra yang handal dalam berperan dan fungsinya.

Berdasarkan catatan dan yang telah menjadi asumsi publik melalui artikel beritanya, terdapat 2 point sebagai perhatian dan pesan khusus (akhir tahun) dari media cetak dan online Cahaya Baru kepada seluruh elemen penyelenggara pemerintah yang berkompeten terkait hal ini, yaitu Banjir Legenda dan TPA Sampah.

Terdapat nama-nama tokoh Nasional pada struktural organisasi maupun kelembagaan pers media Cahaya Baru yang sangat terpercaya atas dedikasinya pada dunia jurnalistik seperti Dhimam Abror. Tentu dapat menjadi motivasi serta kepercayaan diri dari berbagai pihak untuk bersinergi sesuai dengan peranannya masing-masing.

Figur Nasional, Dhimam Abror sebagai penasihat media cetak dan online Cahaya Baru, tidak menjadikan arogansi para reporternya dalam melaksanakan tugas-tugas jurnalistiknya namun tetap berpegang dan taat pada koridor perundangan yang berlaku. Pemicu adrenalin para reporternya dalam menyuguhkan karya-karya jurnalistik yang kritis nan berimbang.

Pers media, menjadi parameter keberhasilan dalam peranannya pada proses penyelenggaraan pemerintahan dalah edukatif, entertainment, popularitas, ketahanan ekonomi serta peran kontrol sosial yang mentauladan.

Media cetak dan online Cahaya Baru wilayah kabupaten Gresik pada pemberitaan-pemberitaan akhir ini mengungkap dan mengkritisi beberapa persoalan penting yang menyangkut kepentingan umum dan kinerja pemerintah.

Banjir Legenda yang mengakibatkan korban jiwa dan TPA Sampah daerah kabupaten Gresik yang besar harapan dapat diadakannya. Mengingat diantara faktor-faktor penyebab terjadinya Banjir Legenda selain keberadaan sungai yang setiap waktu terjadi pengendapan tanah yang mengakibatkan dangkalnya sungai, juga pengerjaan normalisasi anak/sungai kali Lamong secara berkesinambungan setiap saat sebelum musim penghujan.

Kesadaran dari para penduduk desa dalam membuang sampah juga menjadi faktor lain yang tak kalah pentingnya sebagai penyebab terjadinya banjir, selain tidak tersedia bangunan tempat sampah disetiap dusun, desa maupun kecamatan diwilayah kabupaten Gresik adalah sungai menjadi lahan pembuangan akhir sampah.

Bagi pemerintah daerah kabupaten Gresik yang baru, melalui program-program pembangunan serta pemberdayaan masyarakat desa dari pemerintahan sebelumnya yang selama ini dinilai kurang berhasil seperti kesadaran penduduk desa  dan tersedianya lahan TPA Sampah daerah kiranya dapat menjadi perhatian khusus.

Kategori skala prioritas kebijakan dan kinerja pemerintah daerah kabupaten Gresik yang akan datang khususnya dalam penanggulangan dan terlebih penyelesaian dalam persoalan Banjir Legenda atau luapan air anak/Sungai Kali Lamong tentu sangat diharapkan oleh semua pihak mengingat besarnya kerugian selain korban jiwa, gagalnya panen hektaran lahan pertanian juga bukan fenomena bencana alam namun kelalaian dalam beramanah.

Agar tidak dinilai gagal dalam menjalankan roda pemerintahan dan sebagai pihak yang berkompeten dalam menyikapi hal ini, serta munculnya penyesalan yang tiada berarti bagi pemerintah daerah, Provinsi maupun Nasional atas derita yang dialami oleh para penduduk desa yang terdampak Banjir Legenda atau luapan air dari anak/sungai kali Lamong yang melintasi beberapa wilayah daerah Jawa Timur.

Pers media Cahaya Baru, hanya mengkonstruksi serta mengarahkan opini publik sebagaimana fungsinya, bahwa keikutsertaan segenap jiwa warga penduduk yang berada di wilayah kabupaten Gresik terlepas dari penduduk desa yang terdampak Banjir Legenda, atas keikutsertaannya dalam mendorong penyelesaian masalah Banjir Legenda ini menjadi kunci perhatian dari pemerintah.

Melalui proses pemilihan kepala daerah kabupaten Gresik yang telah usai beberapa waktu lalu dan menempatkan putra-putri terbaik asli daerah, menumpuhkan besar harapan serta pesan amanah pada pundak mereka selama periode Tahun 2021-2026.

Pada akhirnya, selamat dan sukses bagi kepala daerah kabupaten Gresik yang baru, kami Pimpinan Umum beserta segenap cruw pers media cetak dan online Cahaya Baru Biro Gresik mohon diri turut mengawal berlangsungnya proses penyelenggaraan pemerintahan daerah yang akan datang, atas dasar nurani dan keinginan luhur yang berlandaskan moral, berbesar harapan bahwa simpati dan empati dari masyarakat luas agar dapat diterimanya kami dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik diwilayah kabupaten Gresik ini, akhirul kalam wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barokatuh.

Subhan Arif/Wartawan Cahaya Baru

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *