Inovasi Baru dari Satgas Pamtas Yonif 516/CY Untuk Warga Perbatasan

CB, Boven Digoel, Papua- Inovasi baru diluncurkan oleh Satgas Pamtas Yonif 516/CY di perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

Adanya Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hidro yang diciptakan oleh Satgas, seakan membawa suatu manfaat tersendiri bagi warga Boven Digoel.

Dansatgas Pamtas, Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin menjelaskan, pembangkit listrik itu, dipusatkan di Kampung Tetop, tepatnya di Distrik Iniyandit.

“Kebutuhan listrik, sangat penting. Selama ini warga menginginkan adanya saluran listrik di kampungnya,” ujar Letkol Muhammad. Sabtu, 23 Januari 2021.

Selain Dansatgas, peresmian produk unggulan prajurit Branjangan itu, juga dihadiri oleh Danrem 174/ATW, Brigjen TNI Bangun Nawoko.

Ditemui usai meresmikan PLTMH itu, mantan Danrem 083/Baladhika Jaya itu mengungkapkan jika ia sangat mengapresiasi produk Satgas tersebut.

“Mereka (Satgas, red) berhasil menujukkan kinerja dan karya nyata di perbatasan ini,” ungkapnya. “Meskipun di tengah keterbatasan, Satgas berhasil memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat,” imbuh Brigjen Bangun Nawoko.

Untuk diketahui, pembangunan PLTMH itu merupakan ide atau gagasan dari Dansatgas, Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin. Sebelumnya, Distrik itu tak tersentuh oleh aliran listrik. Berbagai keluhan pun muncul di benak warga. Namun, keluhan itu telah dibayar tuntas oleh Satgas Pamtas Yonif Mekanis 516/CY.(lg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *