Catatan Singkat HPN 2021, Pers di Tuntut Lebih Profesional

CAHAYA BARU – Hari ini tanggal 9 Februari 2021 Persatuan Wartawan Indonesia dan Insan Pers di seluruh Indonesia merayakan Hari Pers Nasional (HPN) dengan mengambil tema ” Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers Sebagai Akselerator Perubahan ” Puncak peringatan HPN kali ini di gelar di Jakarta dan di hadiri oleh Presiden Jokowi secara virtual karena masa pandemi. Sejarah singkat Hari Pers Nasional ditetapkan pada masa orde baru oleh Soeharto melalui Keputusan Presiden No.5 tahun 1985 dan keputusan tersebut di tanda tangani oleh Soeharto tanggal 23 Januari 1985 di sebutkan bahwa tanggal 9 Februari di tetapkan sebagai hari pers nasional namun bukan merupakan hari libur.

Semenjak era reformasi 1998 bergulir di negara Indonesia Pers bebas dan merdeka tidak ada lagi istilah pembredelan terhadap media massa. Kran kebebasan pers dibuka masyarakat bisa mendapatkan informasi seluas-luasnya. Namun, seiring dengan kebebasan pers berkembang pula informasi medsos. Maka disini lah jurnalis dituntut semakin profesional dalam menjalankan fungsi dan tugasnya tetap berpegang teguh pada kode etik profesi dan Undang-undang Pers No. 40 tahun 1999. UKW (Uji Kompetensi Wartawan) menjadi salah satu paramater mengukur jurnalis berkompeten dalam bidang jurnalistiknya.

Dalam dua dekade terakhir, media massa menghadapi tantangan serius dari media sosial. Tantangan itu berupa kecepatan informasi dan ekonomi. Dunia cepat berubah , media sosial menyerap iklan dan informasi bergerak cepat bahkan bisa ditayangkan langsung secara individu bukan lagi lembaga pers. Kerja pers yang selalu mengedepankan cek ricek dan liputan berimbang (coverbothside) yang diolah oleh reporter hingga redaktur tergantikan dengan informasi langsung, sensional yang semua dikerjakan oleh satu orang. Maka pers jangan terjebak pada sensasional belaka namun lebih bagaimana mementingkan masyarakat untuk memberikan informasi yang jernih dengan begitu lembaga pers telah bekerja secara etika dan hati nurani. Akhirnya saya ucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Semoga Pers Indonesia selalu istikamah menjalankan fungsi memberi informasi, mengedukasi, memberi hiburan, dan alat kontrol demokrasi di tengah tantangan media sosial.

 

Oleh : Nurcahyo Suherman
Reporter cahayabaru.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *