Bupati Tanbu Tinjau Lokasi Pembangunan Pabrik Biodiesel Terbesar di Kalimantan

CB, Tanah Bumbu – Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan,HM. Zairullah Azhar melihat lokasi pembangunan pabrik biodisel terbesar di tiga provinsi Kaltim, Kalteng, dan juga Sulawesi.

“Pembangunan pabrik tersebut merupakan milik PT. Jhonlin Grup yang berada didesa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat, dan hal itu perlu dilakukan pemeriksaan kesiapan terkait peresmian pabrik yang nantinya akan dihadiri oleh Presiden Jokowi pada Juli 2021 mendatang,” ucap Bupati kepada media.

Ketika itu Bupati juga di dampingi Direktur Jhonlin Agro Raya (JAR) Zafrinal Lubis ketika mempersentasikan kondisi pabrik dihadapan Bupati dan rombongan mengatakan, pembangunan pabrik tersebut dengan investasi dana sekitar Rp2 Triliun.

Dari dana tersebut dibagi menjadi dua yaitu Rp.1 triliun untuk pembangunan pabrik beserta prasarana pabrik, dan Rp. 1 triliun untuk pembangunan pelabuhan khusus(pelsus).

Selanjutnya pabrik tersebut akan memproduksi Biodiesel dan juga minyak goreng, dengan kapasitas produksi 60 ton perjam sehingga mampu memproduksi sekitar 1.600 ton/hari tandan buah segar (TBS).

Sedangkan bahan baku yang diproduksi 30 persen dari petani lokal, sisanya dipasok CPO dari luar daerah guna pemenuhan produksinya.

“Bulan Oktober2021 rencananya pabrik tersebut akan beroprasi,” ungkapnya.

Pabrik biodiesel yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu adalah pabrik biodiesel terbesar dari empat pabrik lainnya yang berada di Kaltim, Kalteng, dan juga Sulawesi. Di kalsel adalah pabrik biodiesel terbesar dari tiga pabrik lainnya.

Terkait marketing dari hasil produksi yang dihasilkan dari Pabrik Biodiesel tersebut bermitra dengan Pertamina untuk pemasaran hasil produksi dari pabrik tersebut,” ungkap bupati.
(Jhon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *