Dinas Pendidikan Bojonegoro Terapkan Pembelajaran Model STEM Activity

CB, Bojonegoro – Sebagai langkah untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM), Dinas Pendidikan Bojonegoro menggelar pembelajaran model STEM Activity 2021. Metode ini diterapkan bagi guru dan peserta didik pada jenjang PAUD, SD, dan SMP. Dari hasil pembelajaran tersebut, Bojonegoro dapat mengikuti ajang internasional yang diselenggarakan di Korea Selatan.

STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) merupakan bagian pembelajaran dalam kurikulum nasional dan sejalan dengan program Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dalam peningkatan SDM dalam bidang scientist. Metode pembelajaran STEM sangat dirasa perlu dalam menghadapi perubahan zaman.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro Dandi Suprayitno mengatakan new normal dunia pendidikan bukan diartikan sebagai kedaruratan pada masa pandemi ini, tetapi dimanfaatkan untuk berinovasi dan berkreativitas. “Salah satunya dengan adanya pembelajaran STEM Activity,” ucapnya.

Tahun lalu, konsep Dinas Pendidikan adalah one school one inovation atau satu sekolah mempunyai satu inovasi. Namun untuk konsep tahun ajaran baru 2021 – 2022 bukan lagi one school one inovation tetapi mengarah kepada konsep BAPER. “Maksudnya adalah pembelajaran dengan mengombinasikan bakat, prestasi dan ecopreneur,” ungkap Dandi.

Ia juga mengimbau kepada seluruh satuan pendidikan dan jajarannya untuk mengarahkan dan mengembangkan passion masing-masing anak didik dengan tidak mempengaruhi capaian prestasinya. Selain itu ecopreneur sebagai tambahan jika ada yang memilki potensi ke arah sana.

“Hasil dari pembelajaran STEM Activity 2021 Kabupaten Bojonegoro semoga dapat ikut serta dalam ajang internasional yang akan dilaksanakan di Korea Selatan,” harapnya.(hms/aj).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *