TNI AL dan Angkatan Bersenjata Philipina Laksanakan Patkor Tahap II

CB, Surabaya – Pangkalan TNI AL Tahuna yang di komandani oleh Kolonel laut (P) Sobarudin. M.Tr. Hanla, menyambut  kedatangan KRI Layang-635 bertempat di Pelabuhan Umum Tahuna pada Senin (19/07).

Kedatangan KRI Layang-635 ini dalam rangka patroli bersama Angkatan Laut Indonesia  dan Angkatan Laut Philipina dengan nama ’’Corpat Philindo XXXV-2021’’ sebagai wujud kerjasama untuk mengamankan Wilayah perbatasan antara Indonesia – Philipina dari kegiatan perompak serta kegiatan ilegal lainnya dan juga  untuk meningkatkan interopabilitas dan membina hubungan antara kedua Negara.

Kegiatan yang melibatkan unsur Angkatan Laut Philipina (BPR Aprolinario Mabini PS36) dan KRI Layang-635 yang berada di bawah Kendali operasi  Gugus Keamanan Laut Koarmada II ini juga bertujuan untuk menguji Doktrin, prosedur Komunikasi serta Intruksi dalam pelaksanaan operasi antar kedua Angkatan Laut.

Dalam sambutannya Danlanal Tahuna Kolonel laut (P) Sobarudin. M.Tr. Hanla, mengatakan, ” Dimana sebagai fungsi pangkalan, Lanal Tahuna siap melaksanakan dukungan 5R (Rebase, Replanishment, Repair, Rest dan Recreation) terhadap unsur-Unsur/KRI yang datang datang di Pangkalan TNI AL Tahuna. Selain itu, Lanal Tahuna juga menyiapkan data-data Intelijen untuk kebutuhan Operasi, ” ungkapnya.

hadir pada kegiatan ini Danguskamla Koarmada II, Laksamana Pertama TNI I Gung Putu Alit Jaya. S.H.,M.Si,  Komandan KRI Layang-635 Mayor Laut (P) Irwin Kurniady, M. Tr. Opsla., serta pejabat yang Ikut onboard dalam giat Operasi tersebut.(Pen2/lang).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *