Dinkes Tanbu Cegah Penyakit Pasca Banjir

CB, Tanah Bumbu – Seperti biasanya biasanya pasca banjir banyak penyakit mulai bermunculan seperti penyakit gatal, diare dan penyakit bawaan lainya,” kata Dinas Kesehatan Tanah Bumbu H. Setia Budi, SKM melalui Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, Saleh.

Dikatakan Saleh disiapkan 10 orang tenaga medis dari Dinas Kesehatan Tanah Bumbu diterjunkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara masal kepada masyarakat Kecamatan Kusan Hulu yang sebelumnya terdampak banjir.

Lanjut Saleh, dari hasil pemeriksaan sementara terdapat 46 warga mangalami gatal-gatal dan hiper tensi. Selanjutnya yang bersangkutan dilakukan pengobatan.

“Mereka tidak memerlukan perawatan kusus mengingat penyakit yang dikeluhkan tergolong ringan, namun petugas tetap memberikan pengobatan agar yang bersangkutan cepat puling,” ungkapnya.

Beberapa hari kedepan, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas terdekat akan terus melakukan observasi dibeberapa desa yang terdampak banjir untuk memastikan benar-benar tidak ada masyarakat yang terdampak penyakit pasca banjir.

Selain melakukan pengobatan, petugas juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mencegah munculnya penyakit-penyakit pasca banjir.

“Diantaranya dengan mengkonsumsi makanan yang higienis menjaga kebersihan badan dan lingkingan, mengkonsumsi makanan mengandung vitamin, mengoleskan obat anti nyamuk, memastikan penggunaaan air bersih dan jauhkan diri dari genangan air,” ungkap Saleh.
Jhon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *